Dukung Target 20 Juta Wsman, DPR Restui Anggaran Pariwisata Rp 3 Triliun

Kamis, 10 Desember 2015 – 19:56 WIB
Anggota Komisi X DPR, Teguh Juwarno. Foto : dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi X DPR, Teguh Juwarno mengatakan, DPR sangat mendukung langkah pemerintah melalui Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya memacu target kunjungan pariwisata mencapai 20 juta orang hingga 2019.

"Menurut saya target 20 juta kunjungan wisata manca-negara (wisman) di 2019 adalah target yang rasional, mengingat saat ini saja Malaysia sudah mampu mendatangkan 25 juta wisman. Sebenarnya sangat ironis, mengingat pilihan destinasi dan objek wisata alam yang kita miliki jauh lebih banyak dari Malaysia," kata Teguh Juwarno, di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Kamis (10/12).

BACA JUGA: 2015, Belanja Iklan Televisi Menurun Cukup Tajam

Karena alasan tersebut ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, DPR mendukung langkah Menko Rizal Ramli dan Kementerian Pariwisata yang gencar melakukan promosi wisata ke luar negeri.

Salah satu bentuk dukungan, kata Teguh Juwarno, DPR dan pemerintah sudah sepakat mengalokasikan anggaran untuk pariwisata lebih dari Rp 3 triliun. "Dua tahun lalu anggaran pariwisata tak sampai Rp 1 triliun. Sekarang naik drastis melebihi Rp 3 triliun. Artinya DPR sangat berkomitmen mendukung pemerintahan ini memajukan sektor pariwisata," ujarnya.

BACA JUGA: Pengusaha Kewalahan Penuhi Pesanan Semen

Mengenai promosi wisata di luar negeri, Teguh Juwarno menganjurkan ke pemerintah untuk fokus ke negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Cina, Jepang dan Australia. 

Malaysia, kata dia, setiap tahunnya dikunjungi 25 juta wisatawan. Padahal jika dibandingkan dengan Indonesia, potensi wisata Malaysia sangat sedikit.

BACA JUGA: Maret 2016, Nilai Tukar Rupiah Hancur

"Tetapi kenapa jutaan wisman suka ke negara itu? Inilah tantangan bagaimana pemerintah bisa menarik wisatawan agar lebih banyak lagi ke Indonesia," katanya.

Selain itu, Teguh juga meminta pemerintah agar segera memperbaiki infrastruktur pariwisata, menciptakan rasa aman dan kenyamanan sehingga pelancong betah tinggal lama di Indonesia. (fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penjualan Mobil Tak Capai Target, Diler Makin Realistis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler