Dukungan Suporter Ceko Percepat Recovery

Rabu, 13 Juni 2012 – 01:02 WIB
AKRAB - Seorang pendukung Yunani mencat muka pendukung cilik Ceko sebelum laga kedua tim di mulai. Foto: Getty Images

Kekalahan 1-4 di laga pembuka membuat jalan Republik Ceko untuk sekadar lolos dari fase Grup A kian terjal. Setelah kekalahan terbesar dalam sejarah perjalanan mereka di Euro itu harapan untuk bangkit justru makin tinggi. Peran suporter yang terus mendukung mereka patut diacungi jempol dalam menegakkan kembali kepala Petr Cech dkk.
   
Bukti paling nyata tersaji ketika laga melawan Rusia usai. Ribuan pendukung Ceko tak mengejek timnya, mereka malah berdiri dan bertepuk tangan untuk menghargai perjuangan tim kesayangannya. Tak berhenti di situ, sekitar 2.500 pendukung hadir langsung di Stadion Municipal Oporowska, tempat Cech dkk mempersiapkan diri menghadapi Yunani di laga kedua.
   
"Kami harus membawa diri kami ke lapangan tanpa tekanan, kami berterima kasih pada suporter karena hal itu. Mereka menunjukkan bahwa mereka mengapresiasi perjuangan kami," ujar Cech.
   
Kehadiran para pendukungnya terbukti mampu menurunkan ketegangan tim asuhan Michal Bilek. Sesi latihan berlangsung santai dan para pendukung bersorak tiap kali ada aksi menawan dari pada pemainnya.
   
"Kalah di laga pertama bukan berarti akhir dari segalanya. Kami masih punya 180 menit untuk lolos. Kami akan menghadapi Yunani dan Polandia yang draw di laga perdana, jadi kami cuma ketinggalan satu poin dari mereka," lanjutnya kiper Chelsea itu.
   
Cech memang patut optimis pada perjalanan timnya. Dia juga didukung statistik masa lalu Ceko di Euro juga Piala DUnia. Pada Euro 2008  dan Piala Dunia 2006 mereka menang di laga pembuka tapi malah tersingkir di fase grup. Sementara di Euro 1996 mereka kalah di laga perdana tapi malah melaju hingga final.
   
Tapi, lagi-lagi Cech mengungkapkan penghormatannya pada para suporter. Sama seperti yang diungkapkan pemain bertahan Tomas Sivok.
   
"Kami tak mengira akan banyak suporter hadir di sesi latihan, bahkan suasananya seperti kami baru saja menang. Kami harus berterima kasih pada mereka setelah masa sulit yang kami dapatkan. Kami mendapatkan tenaga lagi," ujar Sivok.
   
"Kami memang kalah dalam pertemputran tapi kami belum kalah dari perang, itulah yang akan kami bawa ke laga berikutnya," sambung Cech. (ady)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Strategi Bertahan Inggris Rusak Sepakbola


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler