Dukungan Total untuk Final

Kamis, 21 Juli 2011 – 09:29 WIB

SUKSES Uruguay melenggang ke final Copa America 2011 berhasil mengugah nasionalisme warga negeri tersebutTermasuk sang presiden, Jose Alberto Mujica

BACA JUGA: Honda Tendang Dovizioso-Simoncelli

Orang nomor satu di Uruguay itu akan menonton langsung final di Estadio Monumental di Buenos Aires, Senin dini hari (25/7).

Menteri Pariwisata dan Olahraga Uruguay Hector Lescano mengatakan bahwa Mujica begitu bersemangat setelah mengetahui Uruguay lolos ke final
"Presiden Mujica meminta semua agenda kenegaraannya akhir pekan ini dikosongkan karena dia akan bepergian ke Buenos Aires," ujar Lescano kepada Ole.

Mujica, 76, sejatinya bukan orang yag gila bola

BACA JUGA: Jangan Ada Cedera Lagi

Latar belakangnya adalah politik dan pertanian
Mujica baru memberikan perhatian lebih kepada sepak bola setelah Uruguay tampil sebagai semifinalis Piala Dunia 2010

BACA JUGA: Riedl Datangi Kantor PSSI

Saat itu dia baru tiga bulan menjadi presiden.

Selain menonton final Copa America, kunjungan Mujica ke Buenos Aires juga untuk kepentingan lain yang berkaitan dengan sepak bolaYakni, mematangkan kerjasama Uruguay-Argentina sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2030Uruguay sangat getol dengan proyek itu demi peringatan 100 tahun Piala DuniaYa, Piala Dunia pertama (1930) memang dihelat di Uruguay.

Kans Uruguay-Argentina menjadi tuan rumah cukup terbuka karena mereka menjadi negara pertama yang sudah mengajukan penawaranSelain itu, seusai rotasi negara penyelenggara Piala Dunia, edisi 2030 memang menjadi jatah Amerika Latin setelah Piala Dunia 2014 dilangsungkan di Brazil.

"Presiden Mujica dan Presiden Argentina (Cristian Fernandez, Red) akan membicarakan banyak hal terkait pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2030, khususnya terkait promosi," ungkap Lescano

Selain mengugah semangat presiden, sukses Uruguay menembus final di-blow up oleh media negerinyaUruguay bahkan serasa sudah juara Copa America 2011"Penguasa Amerika (Latin)," demikian headline harian berbasis di Montevideo, El Pais, dengan gambar Diego Forlan dan Luis Suarez.

Apresiasi tinggi juga diberikan media dari Spanyol yang memang punya ikatan sejarah dengan Uruguay"Luis Suarez bawa Uruguay ke final Copa America," tulis harian ternama Spanyol MarcaDari Brazil, negara tetangga Uruguay, harian Lance ikut menyanjung sukses Uruguay"Berkat Suarez, Uruguay ke final Copa America," tulis Lance(dns/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Pemain Garuda Gagal Berangkat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler