Dulu Dipuja, Kini Dicela

Sabtu, 04 September 2010 – 12:12 WIB
LONDON - Karir Fabio Capello sebagai pelatih timnas Inggris tak ubahnya roller coaster Jika dulu banjir pujian, kini pelatih asal Italia itu menjadi sasaran kritik

BACA JUGA: Dani Pedrosa Jaga Momentum

Capello mengibaratkan dirinya sebagai "Tuhan" pada awal menangani Inggris dua tahun lalu
Tapi, kini semuanya berubah

BACA JUGA: Jerman dan Italia Menang Tipis

Capello merasa dirinya laksana "monster".

"Anda menciptakan Tuhan dan Anda pula yang menciptakan monster," ungkap Capello di hadapan media Inggris seperti dilansir Reuters
"Kami hanya kalah sekali di Piala Dunia

BACA JUGA: Publik Inggris Inginkan Redknapp

Itu pun terjadi karena kesalahan besar wasit (tidak mengesahkan gol Frank Lampard saat Inggris melawan Jerman, Red)Kalian pasti sudah melupakannya," tuturnya.

Capello terlihat uring-uringan karena media yang dulu menyanjung kini balik mencercaBahkan, untuk urusan skema main yang sesungguhnya adalah kewenangan pelatihMedia menyorot strategi Capello karena dianggap memainkan skema dan pemain yang hampir sama dengan saat dikalahkan Jerman.

Perbedaannya hanya pada kiper Joe Hart yang menggantikan posisi David James serta absennya duo Chelsea, John Terry dan Frank Lampard, karena sama-sama cedera.

"Saya ingat, kalian pernah menulis hal-hal bagus tentang saya, dan kini menulis yang buruk-buruk tentang sayaTapi, saya memang sudah terbiasa hidup dalam situasi seperti iniAnda memang harus hidup dalam tekanan," ujar Capello.

"Kalian sudah seperti para pelatihKalian tahu perbedaan 4-4-2, 4-5-1, atau 9-1 sekalipun? Ketika menang, Anda merasa sudah memainkan skema tepat Tapi, ketika kalah, apakah skema Anda salah?" omel pelatih yang biasa disapa Don Fabio itu.

Namun, tidak semuanya mencela Capello Mantan pelatih AC Milan, AS Roma, dan Real Madrid itu didukung Steven Gerrard, kapten InggrisGerrard berharap agar Inggris tetap memakai tenaga Capello.

"Fabio Capello harus diberi kesempatanBagi saya, dia adalah pelatih fantastisApakah di luar sana ada pelatih Inggris dengan CV (curriculum vitae) seperti yang dimiliki Fabio Capello?," kata Gerrard seperti dilansir Daily Telegraph.

Gerrard ingin Capello bakal bertahan sesuai dengan kontrak, yakni sampai putaran final Euro 2012"Saya tidak tahu berbagai isu yang terkait dengan jabatan Fabio CapelloSulit membayangkan bakal ada pelatih baru dan mengharapkan kami memenangi Euro 2012Itu gila," ujar bintang Liverpool tersebut(dns/c10/ca)

---

CAPELLO BERSAMA INGGRIS

7 Januari 2008 :Capello resmi menjadi pelatih Inggris dengan kontrak 4,5 tahun dan gaji 6 juta pounds (sekitar Rp 84 miliar) per tahun.

6 Februari-10 Agustus 2008 : Dia mempersembahkan tiga kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah dalam lima laga awal (seluruhnya uji coba).

6 September 2008-30 Mei 2010 : Inggris menjadi juara grup kualifikasi Piala Dunia 2010 dengan sembilan kemenangan dan sekali kalah. Tapi, Inggris kalah oleh tim tangguh seperti Spanyol dan Brazil di laga uji coba.

12-23 Juni 2010 : Inggris bermain imbang di dua laga awal Piala Dunia 2010Akhirnya, mereka lolos ke babak 16 besar setelah menang 1-0 atas Slovenia.

27 Juni 2010 : Inggris kalah 1-4 oleh Jerman di babak 16 besarRumor pemecatan mencuatTapi, FA menjamin kontrak Capello aman sampai 2012.

September 2010 : Capello kembali dikritik karena tak banyak melakukan perubahan jelang kualifikasi Euro 2012Ada rumor, dia bakal dipecat bila mencatat hasil buruk dalam dua laga awal (lawan Bulgaria dan Swiss)(dns/c10/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ujicoba Timnas, Brazil Ditukar Uruguay


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler