Dulu Menteri Jokowi, Tom Lembong Kini Jadi Ujung Tombak Timnas AMIN di Sektor Ekonomi

Selasa, 14 November 2023 – 19:21 WIB
Juru bicara Anies Baswedan yang juga mantan menteri perdagangan, Thomas Trikasih Lembong. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Thomas Trikasih Lembong, akrab disapa Tom Lembong, turut memperkuat Timnas Kampanye Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Ia bergabung bersama anggota tim lainnya yang berlatar beragam, mulai dari pilot, ulama, pengusaha, pemilik start up, dan deretan profesional lainnya.

BACA JUGA: Masuk Timnas AMIN, Co-Founder Tokopedia Dukung Anies Baswedan Wujudkan Digitalisasi

Manyokong AMIN di sektor ekonomi dan industri, Lembong menyatakan konsep reindustrialisasi yang diusung Anies padat karya, bukan padat modal.

Ia mencontohkan industri mobil listrik yang terkesan 'seksi' dan berteknologi tinggi namun di pabriknya yang banyak bekerja adalah robot, bukan manusia.

BACA JUGA: Dalang 5 Benua Ki Anom Suroto Kuatkan Visi-Misi Kebudayaan AMIN

"Kunci dari visi re-industrialisasi Pak Anies adalah menggeser fokus kita dari sektor industri yang padat modal, ke industri yang padat karya. Pabrik nikel (smelter), pabrik mobil (automotif) dan sebagainya tidak masalah berdiri. Tapi industri ini adalah jenis industri yang padat modal alias capital-intensive dan relatif tidak memperkerjakan banyak orang," kata Lembong.

Sebelumnya, Lembong menjabat sebagai Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia sejak Juli 2016 hingga Oktober 2019. Sebelumnya, ia menjadi Menteri Perdagangan RI pada Agustus 2015 hingga Juli 2016.

BACA JUGA: Timnas AMIN Dipenuhi Teknokrat Berpengalaman, Pilot Tempur Jadi Kaptennya

Lembong menerima gelar Bachelor of Arts di bidang arsitektur dan desain perkotaan dari Universitas Harvard pada tahun 1994. Ia memulai karirnya di Divisi Ekuitas Morgan Stanley (Singapore) Pte. Ltd pada tahun 1995.

Beliau bekerja sebagai bankir investasi di Deutsche Securities Indonesia dari tahun 1999 hingga 2000.

Ia pernah menjabat sebagai kepala divisi dan wakil presiden senior di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dari tahun 2000 hingga 2002 dan bekerja di Farindo Investments dari 2002 hingga 2005.

Sebelum diangkat menjadi anggota kabinet, Lembong adalah salah satu pendiri, CEO, dan managing partner di Quvat Management Pte. Ltd, sebuah dana ekuitas swasta yang didirikan pada 2006.

Beliau menjabat sebagai presiden komisaris PT Graha Layar Prima Tbk (BlitzMegaplex) dari tahun 2012 hingga 2014.

Lembong terpilih sebagai Pemimpin Muda Global oleh Forum Ekonomi Dunia pada tahun 2008. Ia dianugerahi Asia Society Australia-Victoria Distinguished Fellowship pada tahun 2017.

Kini, Lembong bergabung dengan Timnas AMIN dan bertekad untuk memenangkan Anies-Muhaimin dalam kontestasi Pilpres 2024. (dil/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler