Dulu Suaraku Sering Disebut Aneh

Senin, 29 April 2013 – 11:14 WIB
Fatin Shidqia Lubis. Foto: Angger Bonda/Jawa Pos/JPNN
MESKI baru menginjak usia 16 tahun, Fatin Shidqia Lubis berhasil mencuri perhatian banyak orang, termasuk empat mentor di ajang bernyanyi X Factor Indonesia, yakni Anggun C Sasmi, Bebi Romeo, Ahmad Dhani, dan Rossa.

Suaranya yang terbilang unik dan enak didengar sontak membawa Fatin di atas ketenaran, terlebih penampilannya membawa nilai tambah karena mengenakan jilbab.

Lalu bagaimana awal perjuangan Fatin sampai bisa mengikuti ajang bernyanyi dan bersaing dengan ratusan ribu orang itu? Bagaimana hubungan dia dengan keluarga serta teman-teman sekolahnya setelah tenar? Berikut petikan wawancara khusus Yessy Artada dari JPNN.com di sela-sela on air di Studio 8 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat (26/4) malam lalu.

Suka nyanyi sejak kapan?

Emang dari dulu aku suka nyanyi dari TK dan semenjak ada anime, aku suka nyanyi cuma nyanyinya masih na na na dan waktu itu lagi boming anime yang cewe. Aku waktu itu coba nyanyi selalu pakai falset, soalnya kalau nyanyi kayak gini banyak orang yang bilang suara aku aneh kayak, maaf, ngeden gitu.

Jadi dari SD sampai SMP, aku nyanyi harus pakai falset gak boleh pakai suara aku yang kayak gini soalnya nanti orang pada gak suka. Mereka waktu itu bilang kalau aku nyanyi falset kok suaranya kecil? dalam hati aku kalau aku pakai suara aku yang kayak gini, pasti suara aku lebih gede, tapi kan nanti orang gak suka.

Nah akhirnya waktu SMA aku sempet ikut paduan suara, mau gak mau aku pake suara aku dan banyak orang yang bilang suara aku bagus. Pas dites, aku langsung disuruh pakai suara alto gitu, kata pengajar aku suara aku bagus dan unik, dari situ aku seneng karena yang bilang bukan temen-temen, seengaknya yang bilang itu guru aku yang bener-bener ngerti musiklah.

Informasi X Factor Indonesia dari mana?

Aku waktu itu lagi sering-seringnya nonton X Factor USA, ada anak 13 tahun cewe suaranya bagus banget, trus aku sempet mikir, kalau ada X Factor di Indonesia gimana ya pasti keren. Tahu-tahu ada iklannya di tivi 'X Factor Segera' aku langsung antusias pengen ikut.

Sebelumnya pernah ikut ajang nyanyi lainnya?

Belum pernah ikut audisi apa-apa, dan mereka kebanyakan yang ikut audisi udah berpengalaman dan udah pernah ikut ajang-ajang nyanyi gitu. Pas di interview juga ditanya, Fatin pernah ikut lomba vokal apa aja? Aku bilang gak pernah. Tahun kemarin sebenernya aku mau ikut Indonesia Idol, tapi umur aku gak sampai, makanya aku gak boleh kelewatan lagi dan harus ikut (X Factor-red).

Gimana awalnya bisa ikut dan lolos ikut X Factor Indonesia?

Saat ada iklan X Factor, aku langsung lihat tanggal audisinya dan langsung aku incar, kebetulan hari itu pas libur (sekolah-red). Trus pas masuk sekolah wah ternyata aku salah tanggal dan itu ternyata masih di hari sekolah. Di hari audisi itu juga pas kebetulan pelajarannya yang gurunya galak banget, tapi akhirnya diizinin dengan syarat setelah selesai pelajaran.

Waktu audisi, kenapa masih pakai rok sekolah?

Aku tadinya mau ikut audisi sama temen berdua, tapi ternyata temen gak jadi dateng. Pas aku naik busway ternyata dia baru bangun waktu itu, trus aku tungguin dan nitip ke dia supaya bawa rok. Pas dateng dia bawa rok, sayangnya kekecilan. Jadi ya udah aku pakai rok sekolah aja akhirnya.

Pas audisi pernah gak merasa putus asa?

Sempet sih soalnya yang ikut audisi bagus-bagus banget, kayak pengamen berkualitas. Pas sampai di sana mereka benar-benar latihan keras. Aku sampai di sana saja masih binggung mau nyanyi apa dan lagu yang hapal juga cuma sedikit, paling reff doank. Terus yang paling hapal banget waktu itu cuma lagu 'Green Day'. Aku kayak orang paling buruk banget hari itu, udah salah hari, gak tau mau nyanyi apa. Tapi ternyata masuk terus dibabak selanjutnya.

Tanggapan orangtua dan orang terdekat kamu gimana setelah lolos?

Pada gak percaya awalnya, apalagi adik aku tuh orangnya paling gak percaya banget kalau aku ikut kayak gini. Jadi waktu itu dengan bangga aku bilang lolos sama dia pas dia nanya. Mama, ayahku dan temen-temen seneng meski banyak yang gak tahu apa itu X Factor. Dari dulu temen-temen pada support aku dan suka nyaranin 'Lo tuh bagusnya ikut ajang ini aja', tapi akunya gak mau waktu itu.

Pesen dari temen-temen apa?

Mereka support aku dari awal dan bilang "Nanti kalau udah terkenal jangan sombong-sombong sama kita". Nah pas udah masuk ke sini (X Factor) paling mereka bilang "eyaa ada artis lewat, awas-awas kasih jalan", tapi itu bercandaan mereka aja.

Hubungan sama temen-temen sampai sekarang gimana?

Sampai sekarang masih baik, jadi banyak nambah temen, kayak kakak kelas aku yang aku kira gak akan kenal sama aku. Pas dia sampai lulus sekolah, dia jadi kenal sama aku, apalagi dia follow instagram aku, apalagi dia ganteng lagi, hehehehe. Jadi lebih asyik aja.

Sekolahnya gimana?

Aku sekarang kelas 2 di SMA 97 Jakarta daerah Ciganjur. Aku seharusnya ujian UTS, dan ada susulan banyak banget. Jadi sekolahnya off dulu untuk sementara, tapi guru-guruku udah nyimpen ke email yang isinya tugas-tugas semua, biar aku gak ketinggalan.

Gimana rasanya saat video audisi diunduh sama Bruno Mars di situs pribadinya?

Diunduh sama Bruno Mars rasanya seneng, cuma aku jatuhnya seperti banyak kemungkinan terburuk. Maksudnya aku mikir itu gak di upload sendiri sama Bruno, jadi pas aku nyari-nyari ternyata bener, itu kayak fansbes resmi di Indonesia yang upload. Tapi aku sih seneng-seneng aja, aku juga gak mau terlalu seneng, soalnya belum tentu juga dia yang upload.

Ngidolain Bruno Mars?

Aku biasa aja, cuma suka beberapa lagu, gak fans fanatik.

Kalau penyanyi di Indonesia yang paling disukai siapa?

Aku bukan tipe yang ngefans sama siapa gitu, paling suka sama lagunya aja di beberapa lagu.

Setelah dari X Factor apa yang mau dilakuin?

Banyak banget, aku pengen punya single sendiri dan go internasional. Bikin usaha, tamatin sekolah, pengen sekolah musik, beli rumah, beli mobil buat orangtua, nambahain uang buat naik haji orangtua, beli baju, beli celana, beli kerudung, handphone baru, segala macem lah. Tapi kalau uangnya cukup, hehehe.

Yang diharapkan dari X Factor ini apa?

Aku lolos di X Factor ini aja udah bersyukur, apalagi dari yang dulu aku belum tahu apa-apa sampai punya banyak pengalaman. Pokoknya ikut X Factor ini gak sia-sia, dapat pengalaman yang bisa aku ceritain sama anak-anak aku nanti. Mau dapet juara berapa pun nanti, aku udah terserah sama Allah, yang penting aku kasih perform yang terbaik. Aku tahu kita di sini unik-unik semua dan kita lihat ke depan nanti seperti apa. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Preman Bukan Porsinya Kopassus

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler