Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, rangkuman berita-berita yang terjadi di penjuru dunia dalam 24 jam terakhir.

Edisi Senin, 17 Juni 2024, kami awali dengan laporan haji.

BACA JUGA: Berita Duka, 2 Jemaah Haji Asal Kalsel Meninggal di Mina, Berikut Identitasnya

Belasan jemaah haji meninggal dunia

Setidaknya 19 orang yang menjalankan rangkaian ibadah haji meninggal dunia di Arab Saudi dan 17 orang lainnya hilang. Kebanyakan yang meninggal berasal dari Yordania.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi, Mohammed Al-Abdulaali, mengatakan lebih dari 2.760 jamaah menderita kelelahan akibat sinar matahari pada hari Minggu kemarin.

BACA JUGA: Pakai Debit BRI, Transaksi Tanpa Konversi di Arab Saudi, Banyak Keuntungannya

"Gelombang panas menjadi tantangan terbesar," katanya.

Pihak berwenang Saudi mendesak jamaah haji untuk menghindari sinar matahari secara langsung di siang dan sore hari, karena suhu bisa mencapai 47 derajat Celsius di kota Makkah dan 46 derajat di Mina.

BACA JUGA: Timwas Haji DPR Syarief Abdullah Alkadrie Meninjau Pemondokan Jemaah Asal Kalbar di Makkah

Kunjungan Premier Tiongkok ke Australia

Bentorkan terjadi di halaman Gedung Parlemen Canberra, saat Premier Tiongkok mengujungi Australia untuk bertemu PM Anthony Albanese.

Pendukung pro-Tiongkok dan pengunjuk rasa terlibat bentrokan ketika sejumlah orang menentang pelanggaran hak asasi manusia di Tibet dan tindakan keras di Hong Kong yang dilakukan oleh Tiongkok.

Ini kata Premier Tiongkok, Li Qiang di Canberra.

Dalam dua hari terakhir, meski bukan waktu yang lama, Australia dengan pemandangan alam yang unik, masyarakat yang ramah, budaya beragam, serta perekonomian yang dinamis, memberikan kesan yang sangat mendalam. Dan saya sangat tersentuh adanya harapan untuk hubungan Tiongkok-Australia yang lebih stabil dan kuat.

Sementara berikut pernyataan PM Albanese.

Masih banyak yang harus dilakukan, namun jelas kedua negara sudah mencapai kemajuan dalam menstabilkan dan membangun kembali dialog penting tersebut.

Kita tidak akan selalu setuju, dan apa yang tidak kita setujui juga tidak akan hilang begitu saja jika kita mendiamkannya.

Kita mempunyai kepentingan yang sama dalam melindungi tatanan yang stabil di kawasan.Apakah Israel terpecah karena perang Gaza?

Militer Israel mengumumkan akan memberikan jeda kemanusiaan selama 11 jam setiap harinya, mulai pukul 08 pagi di kawasan Kerem Shalom Crossing hingga Salah al-Din Road, supaya bantuan kemanusiaan bisa diberikan kepada warga Palestina.

Tapi pengumuman ini malah mendapat kritikan dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Kritikan PM Netanyahu menunjukkan adanya ketegangan politik soal menyalurkan bantuan ke Gaza, di mana sejumlah organisasi internasional sudah memperingatkan akan adanya peningkatan krisis kemanusiaan.

Ini juga menunjukkan perpecahan yang ada antara pemerintah dengan militer di Israel, setelah sebelumnya veteran jenderal Benny Gantz yang menuduh PM Netanyahu tidak punya strategi efektif di Gaza.Ajakan chef ternama untuk pakai helm

Gordon Ramsay memberi tahu para penggemarnya lewat akun sosial media kalau ia mengalami kecelakaan saat bersepeda di Connecticut, Amerika Serikat.

"Para dokter bedah, bedah, perawat yang hebat, yang merawat saya pekan ini sangat luar biasa. Tapi sejujurnya, kamu harus pakai helm," ujar Gordon yang masih dalam proses pemulihan.

"Enggak peduli seberapa pendek jaraknya saat bersepeda, enggak peduli seberapa mahalnya helm, tapi ini sangat penting. Bahkan saat dengan anak-anak serta perjalanan yang pendek."

Nama Gordon Ramsey sangat besar di dunia kuliner, tapi ia juga adalah atlet triatlon yang sudah beberapa kali mengikuti kejuaraan Ironman.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Pria Australia Diancam 12 Tahun Penjara di Bali

Berita Terkait