Panda, panda apa yang bikin hati senang?

Pandangin kalender dan sadar kalau ini sudah hari Jumat!

BACA JUGA: Liz Truss

Hore! besok sudah akhir pekan, waktu untuk bersantai atau berekreasi bersama keluarga.

Sambil memikirkan rencana weekend, simak dulu rangkuman berita-berita pilihan yang telah kami siapkan untuk Anda dalam Dunia Hari Ini, edisi 21 Oktober 2022. 

BACA JUGA: Para Miliarder Dunia Berkumpul Membahas Hari Kiamat. Begini Perbincangan Mereka

PM Inggris Liz Truss mundur

Liz Truss akan menjadi perdana menteri dengan masa jabatan terpendek dalam sejarah Inggris, setelah mendapat tekanan dari anggota parlemennya sendiri untuk mundur.

Ia melewati pekan-pekan yang kelam, seperti pasar keuangan yang runtuh, jajak pendapat anjlok, kolega yang marah, serta beberapa menterinya mengundurkan diri.

BACA JUGA: Babak Belur, PM Inggris Liz Truss Akhirnya Mundur di Pekan Keenam

Partai Konservatif Inggris akan mengadakan pemilihan untuk memilih pengganti Liz, dan sambil menunggu penggantinya Liz akan tetap jadi perdana menteri.

Outlet media Inggris The Daily Star telah menyiarkan langsung daun selada selama seminggu untuk melihat apakah selada bisa bertahan lebih lama dari Perdana Menteri Liz Truss.

Dan selada keluar sebagai pemenangnya!

Selain menjadi perdana menteri dengan masa jabatan tersingkat, berikut beberapa fakta menarik seputar PM Liz Truss.Aksi protes di Chad tewaskan setidaknya 60 orang

Pasukan keamanan Chad menembak pengunjuk rasa anti-pemerintah di dua kota terbesar di negara itu.

Seorang juru bicara pemerintah dan petugas kamar mayat mengatakan setidaknya 60 orang telah meninggal dunia.

Para dokter yang kewalahan merawat puluhan orang dengan luka tembak di rumah sakit rujukan utama di ibu kota N'Djamena.

Pihak berwenang memberlakukan jam malam setelah kekerasan, yang terjadi di tengah demonstrasi menentang perpanjangan kekuasaan dua tahun pemimpin sementara Mahamat Idriss Deby.

Di antara mereka yang tewas tertembak  adalah seorang jurnalis Chad Narcisse Oredje, yang bekerja untuk radio CEFOD.Kabar terbaru soal obat sirop

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan telah menemukan lima jenis obat sirop yang mengandung etilen glikol melebihi ambang batas aman yang ditentukan.

Meski demikian, hasil uji cemaran itu belum dapat mendukung kesimpulan jika sirop obat tersebut memiliki kaitan dengan kasus gagal ginjal akut, karena masih ada temuan yang sedang diteliti.

"Selain penggunaan obat, masih ada beberapa faktor risiko penyebab kejadian gagal ginjal akut seperti infeksi virus, bakteri Leptospira, dan multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C) atau sindrom peradangan multisistem pasca Covid-19," kata BPOM.Hukuman pelaku insiden Charlie Hebdo diperpanjang

Pengadilan di Paris menambah hukuman penjara seorang pria yang terkait dengan serangan mematikan di kantor majalah Charlie Hebdo dan supermarket milik warga Yahudi tahun 2015 lalu.

Ali Riza Polat awalnya dijatuhi hukuman 30 tahun karena membantu orang-orang bersenjata dalam serangan itu.

Tapi kini hukuman penjaranya menjadi seumur hidup setelah Ali mengajukan banding atas keyakinannya berkonspirasi dengan para penyerang.

Sebanyak 12 orang tewas dalam serangan tahun 2015, yang dipicu oleh majalah satir yang menerbitkan kartun Nabi Muhammad.Aktor Kevin Spacey tidak bersalah

Dalam sidang pelecehan seksual dengan terdakwa Kevin Spacey, para juri sepakat ia tidak bertanggung jawab atas dakwaan yang diajukan oleh Anthony Rapp. 

Putusan di pengadilan federal Manhattan, New York, Amerika Serikat, diberikan setelah juri mempertimbangkan apakah akan mempercayai klaim Anthony, jika ia secara psikologis terganggu.

Kevin melakukan pelecehan seksual padanya pada tahun 1986, ketika Anthonyt berusia 14 tahun.

Keduanya adalah aktor yang relatif tidak dikenal di panggung Broadway pada saat itu. Kevin merasa yakin jika pertemuan keduanya tidak pernah terjadi.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kompetisi Memanggil Burung Dihidupkan Kembali oleh Para Murid SD di Australia

Berita Terkait