Pagi-pagi makan pepaya, ditutup dengan teh manis.

Eh, enggak kerasa ya, sekarang sudah hari Kamis!

BACA JUGA: Harga Bawang di Australia Tinggi, Ibu Asal Indonesia Jadi Lebih Kreatif di Dapur

Itu berarti akhir pekan sudah di depan mata, dan semoga kita semua masih penuh energi.

Supaya tidak ketinggalan berita, kami sudah merangkum sejumlah informasi pilihan dari berbagai tempat di dunia yang kami kemas dalam Dunia Hari Ini, edisi 8 Desember 2022.

BACA JUGA: Turis Asing Dikhawatirkan Akan Menghindari Bali Gegara KUHP Baru

Kita awali dari Surabaya, Jawa Timur. Umar Patek bebas bersyarat

Pembuat bom dalam pengeboman Bali tahun 2002 itu telah dibebaskan secara bersyarat setelah menjalani lebih dari setengah hukuman selama 20 tahun.

BACA JUGA: Umar Patek Pelaku Bom Bali I Bebas dari Penjara

Patek membantu membuat bom mobil yang menewaskan lebih dari 200 orang dalam serangan klub malam, termasuk 88 warga Australia.

Australia telah melobi Pemerintah Indonesia untuk menahannya di penjara selama masa hukuman penuh, dan Perdana Menteri Anthony Albanese pada bulan Agustus lalu telah mengatakan bahwa rencana pembebasannya adalah sesuatu yang "menjijikkan."

Namun pemerintah Indonesia mengatakan dia telah memenuhi semua persyaratan pembebasan bersyarat, setelah mendapatkan remisi karena berkelakuan baik dan mengikuti program deradikalisasi.Polisi Jerman menangkapi kelompok ekstremis Reich Citizens

Kelompok ekstremis sayap kanan ini diduga berencana menggulingkan pemerintah.

Jaksa federal mengatakan sekitar 3.000 petugas kepolisian melakukan penggerebekan dan  penggeledahan di 130 lokasi di 11 dari 16 negara bagian Jerman, yang diduga anggota gerakan Reich Citizens.

Menteri Kehakiman Marco Buschmann menggambarkan penggerebekan itu sebagai "operasi anti-terorisme", menambahkan bahwa para tersangka mungkin telah merencanakan serangan bersenjata terhadap institusi negara.

Jaksa mengatakan, mereka diduga percaya pada "teori konspirasi konglomerat yang terdiri atas narasi Warga Negara Reich serta ideologi QAnon."

Dilaporkan sebanyak 25 warga negara Jerman ditahan karena dicurigai menjadi "anggota organisasi teroris".Kongres Peru memakzulkan Presiden Pedro Castillo

Kongres Peru telah mencopot Presiden Pedro Castillo dari jabatannya tak lama setelah Castillo mencoba membubarkan badan legislatif.

Mengabaikan upaya Castillo, kongres melanjutkan sidang pemakzulan, dengan 101 suara setuju untuk mencopotnya, enam menentang dan 10 abstain.

Dina Boluarte diangkat dari wakil presiden dan dilantik sebagai presiden sementara, menjadikannya perempuan pertama yang memegang posisi tersebut.

Kongres Peru memanggil Castillo pekan lalu untuk menanggapi tuduhan "ketidakmampuan moral" untuk memerintah karena diduga memimpin "organisasi kriminal" demi mendapatkan keuntungan dari kontrak negara, serta menghalangi penyelidikan.Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dinobatkan sebagai Tokoh Tahun Ini

Gelar Person of the Year atau Tokoh Tahun ini diberikan oleh Majalah Time kepada Zelenskyy atas keberaniannya melawan invasi Rusia.

Menolak untuk meninggalkan ibu kota Ukraina, Kyiv, perang pecah, mantan komedian itu mengumpulkan rekan senegaranya dalam siaran dari ibu kota dan melakukan perjalanan melintasi negaranya yang dilanda perang, tulis Majalan Time.

Pemimpin redaksi Time Edward Felsenthal mengatakan itu adalah keputusan dengan "pertimbangan yang sangat jelas."

"Apakah perjuangan untuk Ukraina bisa mengisi seseorang dengan harapan atau ketakutan, Volodymyr Zelenskyy telah menggembleng dunia dengan cara yang belum pernah kita lihat dalam beberapa dekade," katanya.

Untuk membuktikan bahwa keberanian dapat menular, untuk menggerakkan orang dan bangsa agar bersatu membela kebebasan, untuk mengingatkan dunia akan kerapuhan demokrasi—dan perdamaian—Volodymyr Zelenskyy dan semangat Ukraina adalah Tokoh tahun 2022."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiket Piala Dunia Qatar Dijual di Pasar Gelap, Harganya Jadi Edan-Edanan

Berita Terkait