Anda sedang membaca rangkuman berita pilihan ABC Indonesia dari sejumlah negara yang terjadi selama 24 jam terakhir.

Dunia Hari Ini edisi Rabu, 10 Juli 2024 akan kami awali dari Gorontalo, Indonesia.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Pegi Setiawan Bebas

Tragedi longsor tambang emas

Hampir 400 orang penyelamat yang dibantu oleh helikopter meneruskan pencarian terhadap 35 orang yang masih hilang setelah longsor menerjang kawasan tambang emas di Gorontolo.

Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, mengatakan longsor di provinsi pegunungan Gorontalo itu terjadi akibat hujan deras yang turun sepanjang akhir pekan.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Meleset dari Prediksi, Sayap Kiri Prancis Unggul dalam Pemilu

Kepala BPBD Bone Bolango, Heriyanto, mengatakan ada lebih dari 100 penduduk desa sedang menggali emas di Bone Bolango ketika berton-ton lumpur jatuh ke perbukitan di sekitarnya dan mengubur hunian sementara mereka. 

Menurut Heriyanto, setidaknya 66 warga desa berhasil menyelamatkan diri dari tanah longsor dan 23 orang berhasil diselamatkan hidup-hidup oleh tim penyelamat.

BACA JUGA: Tambang di Gorontalo Longsor, 8 Orang Ditemukan Meninggal Dunia

Tujuh belas jasad ditemukan, termasuk tiga perempuan dan seorang anak laki-laki berusia empat tahun.Cuaca panas di Amerika Serikat, lima orang meninggal dunia

Lima orang dilaporkan tewas setelah gelombang panas yang melanda sebagian besar Amerika Serikat, menyamai atau memecahkan rekor suhu panas, di puluhan lokasi di wilayah Barat dan Barat Laut Pasifik negara itu.

Suhu tinggi di Oregon diduga menyebabkan empat kematian di wilayah Portland, kata para pejabat setempat kepada Associated Press.

Tiga kematian melibatkan warga lanjut usia berusia 64, 75 dan 84 tahun, serta diduga menjadi penyebab kematian seorang pria berusia 33 tahun yang sempat dilarikan ke rumah sakit.

Portland memecahkan rekor suhu hariannya sejak akhir pekan, dan berpotensi terulang lagi dengan perkiraan suhu tertinggi 38,9 derajat Celcius, kata ahli meteorologi Layanan Cuaca Nasional (NWS) Hannah Chandler-Cooley.

Di San Jose, California, seorang pria tunawisma meninggal minggu lalu karena penyebab yang tampaknya berhubungan dengan panas, kata Walikota Matt Mahan di X.

Suhu tertinggi diperkirakan akan lebih ekstrem, termasuk suhu tertinggi sekitar 52,7C di Death Valley pada hari Senin dan kemungkinan 54,4C pada pertengahan minggu.Rusia memerintahkan penangkapan Yulia Navalnaya

Pengadilan Rusia memerintahkan penangkapan Yulia Navalny, istri dari pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny secara in absentia, sebagai bagian dari tindakan keras terhadap oposisi.

Pengadilan Distrik Basmanny Moskow memutuskan untuk menangkap Yulia, yang tinggal di lokasi yang dirahasiakan, atas tuduhan dugaan keterlibatan dalam kelompok ekstremis.

Pihak berwenang Rusia belum merinci dakwaan terhadap Yulia, tapi tampaknya masih berhubungan dengan Yayasan Pemberantasan Korupsi miliknya yang dianggap sebagai organisasi ekstremis.

"Saat Anda menulis tentang ini, jangan lupa untuk menulis hal utama: Vladimir Putin adalah seorang pembunuh dan penjahat perang," tulis Yulia di X.Kalahkan Prancis 2-1, Spanyol masuk final Euro 2024

Spanyol pastikan tempat di final Piala Eropa menyusul kemenangan 2-1 atas Prancis, dengan Lamine Yamal yang berusia 16 tahun menjadi pencetak gol termuda di turnamen besar putra.

Prancis unggul terlebih dahulu dalam laga yang digelar di Munich ketika Randal Kolo Muani menyundul umpan silang Kylian Mbappé yang bermain tanpa pelindung wajah, sebelum momen gemilang Yamal pada menit ke-21.

Dani Olmo kemudian mencetak gol yang menandai kemenangan Spanyol empat menit setelahnya.

Spanyol, yang mengejar rekor gelar Kejuaraan Eropa keempat, akan menghadapi Inggris atau Belanda pada final di Berlin pada Senin waktu Australia.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korban Tewas Akibat Longsor Tambang Emas di Gorontalo Bertambah, Kini Totalnya Sebegini

Berita Terkait