Inilah sejumlah berita internasional pilihan yang mewarnai perkembangan dunia dalam 24 jam terakhir.

Kami merangkumkannya untuk Anda dalam Dunia Hari, edisi Selasa, 4 Juli 2023.

BACA JUGA: Menko Airlangga Dukung Kerja Sama Konkret RI-Australia di Bidang Critical Minerals

Kejar aktivis, Polisi Hong Kong tawarkan imbalan uang

Seorang warga Australia termasuk dalam delapan aktivis yang tinggal di luar negeri, yang dituduh oleh polisi Hong Kong telah membahayakan keamanan nasional.

Warga Australia tersebut adalah Kevin Yim, pengacara yang tinggal di Melbourne, sementara tujuh orang lainnya adalah aktivis pro-demokrasi Nathan Law, Anna Kwok, Finn Lau, mantan anggota parlemen Dennis Kwok dan Ted Hui, pegiat serikat pekerja Mung Siu-tat, dan komentator di media sosial Yuan Gong-yi.

BACA JUGA: Pertama di Australia, Bank Sperma dan Sel Telur Gratis untuk Publik Resmi Dibuka

Polisi Hong Kong sudah mengeluarkan selebaran dan hadiah sebesar HK$1 juta (hampir Rp2 miliar) bagi mereka yang bisa memberikan keterangan bagi penangkapan mereka. Semua aktivis ini tinggal di luar negeri, termasuk di Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

“Mereka mendorong sanksi untuk menghancurkan Hong Kong dan melakukan intimidasi terhadap pejabat,” kata Steve Li, pejabat kepolisian Hong Kong dalam jumpa pers hari Senin (03/07).

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Kerusuhan di Prancis Masih Berlangsung, Keluarga Wali Kota Jadi Korban

Kerusuhan berlanjut, polisi tahan setidaknya 160 orang di Prancis 

Pihak berwenang di Prancis telah menahan lebih dari 160 orang hari Senin (03/07) malam terkait kerusuhan yang sudah berlangsung selama enam hari, buntut kematian seorang remaja pria di tangan polisi.

Jumlah orang yang ditahan ini turun dari angka 700 orang di malam sebelumnya dan lebih dari 1.300 orang pada Jumat pekan lalu.

Seorang petugas pemadam kebakaran meninggal dunia ketika bertugas memadamkan api yang membakar mobil di Paris utara.

Menteri Dalam negeri Gerald Darmanin tidak menjelaskan secara langsung apakah kerusuhan menjadi sebab atau berhubungan langsung dengan kebakaran tersebut.Delapan warga Palestina tewas di Jenin

Sementara itu Israel telah melancarkan serangan ke kota Jenin dengan drone, yang merupakan operasi terbesar di Tepi Barat dalam 20 tahun terakhir.

Karena serangan drone tersebut, pejabat kementerian kesehatan Palestina mengatakan paling sedikit delapan orang tewas dan sekurangnya 50 warga lainnya mengalami luka-luka, sementara seorang warga lagi tewas tertembak di kota Ramallah.

Militer Israel mengatakan pasukannya menyerang sebuah gedung yang digunakan sebagai pusat komando Jenin Brigades,  sebuah unit dari kelompok militan yang berbasis di kamp pengungsi yang padat penduduk di sana.Vietnam melarang film Barbie karena peta Laut Tiongkok Selatan

Di Vietnam, media pemerintah mengatakan film terbaru buatan Warner Bros, Barbie, tidak diizinkan diputar di negeri tersebut setelah memuat adegan yang menunjukkan bahwa Tiongkok menguasai bagian yang dipersengketakan di Laut Tiongkok Selatan.

Film Barbie yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling rencananya akan mulai diputar di Vietnam 21 Juli mendatang, bersamaan dengan jadwal pemutaran di Amerika Serikat.

Yang menjadi masalah adalah sembilan titik berbentuk huruf U di peta Tiongkok yang menggambarkan klaim Tiongkok, termasuk sejumlah wilayah di Laut Tiongkok Selatan, yang menurut Vietnam merupakan wilayah mereka.

"Kami tidak memberikan lisensi bagi film Amerika Barbie untuk diputar di Vietnam karena berisi gambar mengenai sembilan titik yang melanggar," kata Vi Kien Thanh kepala departemen Bioskop, lembaga yang memberikan izin bagi pemutaran film asing.Wali kota di Meksiko menikahi seekor buaya

Seorang wali kota di sebuah kota kecil di Meksiko menikahi seekor buaya berusia tujuh tahun dalam upacara tradisional yang berlangsung meriah yang diharapkan akan mendatangkan keberuntungan bagi warga kota tersebut.

Buaya yang dengan istilah "putri kecil" itu disebut sebagai jelmaan dewi yang mewakili bumi pertiwi.

Perkawinannya dengan  wali kota San Pedro, Huamelula Victor Sosa, melambangkan pertalian manusia dengan kekuatan gaib yang ada di bumi.

Tradisi ini sudah berlangsung berabad-abad, sebelum masa kedatangan penjajah Spanyol di Meksiko. Kini tradisi itu digabungkan dengan spiritualitas Katolik, dengan memakaikan buaya tersebut pakaian pengantin berwarna putih.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Potensi Kolaborasi Indonesia-Australia Wujudkan Pusat Pengembangan Mobil Listrik di Dunia

Berita Terkait