Anda kembali membaca Dunia Hari Ini, yang merangkum berita utama dari sejumlah penjuru dunia.

Edisi Kamis, 11 Januari 2024, kami awali dengan sidang genosida yang dilakukan Israel di Gaza yang digelar oleh International Court of Justice.

BACA JUGA: Peduli Palestina, DWP Ditjen Diktiristek Serahkan Donasi Lewat PMI 

Indonesia mendukung Afrika Selatan

Afrika Selatan menjadi satu-satunya negara yang menggugat Israel ke International Court of Justice karena dianggap telah melakukan genosida. 

Sidang akan mulai digelar pada hari Kamis ini.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Prancis Punya Perdana Menteri Gay untuk Pertama Kalinya

"Semua tindakan disebabkan Israel yang gagal mencegah genosida. Melakukan genosida merupakan pelanggaran nyata terhadap Konvensi Genosida PBB," demikian pernyataan Afrika Selatan dalam gugatannya.

Sementara itu Indonesia memberikan dukungan penuh kepada upaya hukum yang dilakukan Afrika Selatan di Mahkamah Internasional atas dugaan genosida Israel di Gaza, seperti yang dikatakan Muhammad Iqbak, juru bicara Kemenlu RI.

BACA JUGA: Bantuan Indonesia Melalui Lazis-NU Tiba di Palestina, Cholil: Mereka Terlihat Bahagia Menerimanya

Tapi Indonesia secara hukum tidak dapat ikut menguggat Israel di ICJ karena tidak menandatangani Konvensi Genosida.Kerusuhan di jalanan Port Morseby

Setidaknya satu orang tewas dalam kerusuhan yang terjadi di Port Moresby, ibu kota Papua Nugini.

Rabu kemarin, polisi, pegawai negeri, dan anggota pertahanan mengadakan demonstrasi damai di Gedung Parlemen mengenai masalah gaji.

Tapi kemudian situasi memburuk, ketika ratusan warga mulai turun ke jalanan dan dilaporkan ada penjarahan di sejumlah toko, serta pembakaran beberapa tempat. 

Media lokal melaporkan jumlah korban tewas akibat kerusuhan bisa mencapai lima orang, namun ABC hanya bisa mengkonfirmasi satu orang yang meninggal.Ekuador 'perang' dengan geng kriminal

Presiden Ekuador Daniel Noboa mengatakan negaranya sedang "berperang", setelah geng narkoba menyandera lebih dari 130 penjaga penjara dan staf lainnya dan sempat terekam sebuah stasiun TV saat siaran langsung.

"Kami sedang berperang, dan kami tidak bisa menyerah dalam menghadapi kelompok teroris ini," kata Presiden Noboa kepada stasiun radio Canela.

Kekerasan dimulai setelah Presiden Noboa mengumumkan keadaan darurat menyusul kaburnya bos narkoba paling berkuasa di Ekuador, sekaligus pemimpin geng Los Choneros, Adolfo Macias, pada akhir pekan.

Presiden Noboa menyebut 22 geng sebagai organisasi "teroris" dan menjadi target militer.Tiongkok dan Maladewa mempererat hubungan

Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu dengan Presiden Republik Maladewa Mohamed Muizzu di Beijing, kemarin.

Presiden Xi mengatakan warga di dua negara menjalin hubungan persahabatan melalui 'Silk Road' di masa lalu, serta kerja sama yang produktif dalam proyek 'Belt and Road ' dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara Presiden Muizzu mengatakan Maladewa menerapkan kebijakan 'One Tiongkok Policy' dengan saling mendukung dalam menjaga kedaulatan di antara dua negara.

Tahun ini menandai peringatan 10 tahun kunjungan Presiden Xi ke Maladewa, Presdien Muizzu mengatakan Tiongkok sudah menyalurkan bantuan bagi pembangunan ekonomi dan sosial Maladewa.'Barbie,' 'Oppenheimer' makin mantap menuju Oscar

Film "Barbie" dan "Oppenheimer" masing-masing mendapat empat nominasi untuk penghargaan Screen Actors Guild Hollywood.

Ini artinya menjadi sebuah pertarungan baru dari kedua film tersebut, juga film-film lainnya, menjelang Academy Awards.

Kedua film ini mendapatkan penghargaan SAG  untuk pemeran film terbaik, bersama film "The Color Purple", "Killers of the Flower Moon" dan "American Fiction".

Penghargaan SAG seringkali menjadi fokus karena berisi anggota-anggota yang juga akan memilih ajang Oscar pada bulan Maret nanti.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Lion Air Ikut Hentikan Pengoperasian Boeing 737-9 Max

Berita Terkait