Anda kembali membaca Dunia Hari Ini edisi Rabu, 31 Januari 2024.

Kami sudah merangkum sejumlah laporan utama dari berbagai negara dalam 24 jam terakhir, diawali dari Palestina.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Polisi Jepang Dituduh Mendiskriminasi Pekerja Asing

Tentara Israel menyerbu rumah sakit

Tentara Israel menyamar menjadi pekerja medis, salah satunya berpura-pura jadi perempuan Muslim, menyerbu sebuah rumah sakit Ibnu Sina di Jenin, Tepi Barat dan membunuh tiga warga Palestina.

Tentara Israel mengatakan ketiganya sebagai "anggota militan" yang menjadi target operasi gabungan antara tentara, dinas keamanan Shin Bet dan polisi perbatasan.

BACA JUGA: Perjuangan Palestina di 16 Besar Piala Asia 2023 Ditandai Pemecahan Rekor 20 Tahun

Menurut tentara Israel, salah satu pria diketahui bernama Mohammad Walid Jalamna, anggota Hamas sementara dua lainnya adalah Basel Al-Ghazzawi dan Mohammad Al-Ghazzawi, anggota Brigade Jenin dan sayap bersenjata Jihad Islam.

Kementerian Kesehatan Palestina mengkonfirmasi kematian tersebut dan meminta PBB untuk menjamin perlindungan bagi rumah sakit dan pusat-pusat kesehatan.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Tiga Tentara Amerika Tewas Dalam Serangan di Yordania

Mantan perdana Menteri Pakistan dihukum 10 tahun penjara

Pengadilan Pakistan menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara kepada Imran Khan, mantan perdana menteri dan kapten kriket nasional karena membocorkan rahasia negara.

Ia dituduh mempublikasikan pesan rahasia yang dikirim oleh duta besar Pakistan di Washington, Amerika Serikat, kepada pemerintahnya.

Partai Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), mengatakan Imran dan mantan Menteri Luar Negeri Shah Mehmood Qureshi masing-masing telah dijatuhi hukuman 10 tahun oleh pengadilan khusus.

Partai tersebut juga akan menentang keputusan tersebut dan menyebut persidangan Imran "palsu".

"Kami tidak menerima keputusan ilegal ini," bunyi unggahan pengacara Khan, Naeem Panjutha di X.Ledakan di rumah sakit Padang

Sebuah ledakan terjadi di Rumah Sakit Semen Padang, Kota Padang, Sumatra Barat hingga menyebabkan sebagian pasien rawat inap harus dievakuasi.

Menurut konfirmasi CNN Indonesia dengan petugas 'call center' Damkar Kota Padang, ledakan diduga berasal dari pipa pendingin AC.

Belum diketahui apakah ada korban jiwa dari ledakan tersebut, namun pasien dari lantai dua di rumah sakit sudah dievakuasi dengan segera setelah suara ledakan terdengar.Kelompok bersenjata Irak tangguhkan operasi militer

Kelompok bersenjata Irak yang bersekutu dengan Iran, Kataib Hezbollah, mengumumkan penangguhan semua operasi militernya terhadap pasukan Amerika Serikat di wilayah tersebut.

Kataib Hezbollah mengatakan keputusan ini bertujuan untuk mencegah "dipermalukannya" pemerintah Irak.

"Kami akan terus membela rakyat kami di Gaza dengan cara lain," bunyi pernyataan Sekretaris Jenderal Kataib Hezbollah Abu Hussein al-Hamidawi di Telegram.

Tiga tentara Amerika tewas dalam serangan pesawat tak berawak di dekat perbatasan Yordania-Suriah Minggu kemarin, menurut Pentagon memiliki "jejak" Kataib Hizbullah, meski penilaian akhir belum dilakukan.

Seorang juru bicara Pentagon menolak mengomentari pernyataan kelompok tersebut, dan menambahkan: "tindakan lebih berarti ketimbang kata-kata."Boeing menarik permohonan sertifikat pengecualian keamanan

Boeing mengatakan pihaknya akan menarik pengajuan sertifikat pengecualian keselamatan yang memungkinkan regulator Amerika Serikat mempercepat sertifikasi pesawat jet 737 MAX 7 yang akan datang.

Politisi Amerika menekan Boeing untuk menarik permintaan tersebut menyusul ledakan kabin di udara yang mengerikan pada tanggal 5 Januari yang mengungkap banyak masalah keselamatan dan pengawasan kualitas.

Penarikan ini membuat jadwal sertifikasi MAX 7 milik Boeing dan MAX 10 semakin diragukan, karena mungkin memaksa Boeing untuk mengubah desain lebih cepat dari yang direncanakan.

CEO David Calhoun mencabut permohonan sertifikat pengecualian ini sesuai permintaan dalam pertemuan di Capitol Hill pekan lalu.

Boeing berada di tengah meningkatnya isu kekhawatiran keselamatan menyusul insiden di udara pada jet 737 MAX 9 yang dioperasikan oleh Alaska Airlines.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wapres: Aksi Walk Out Menlu Retno di PBB Bukti Komitmen Indonesia Dukung Palestina

Berita Terkait