Dunia Industri Dukung UN SMK Kelas XI

Rabu, 16 Januari 2013 – 08:36 WIB
MALANG - Rencana pemerintah menggelar Ujian Nasional (UN) SMK pada kelas XI disambut hangat dunia industri. Dengan model ini maka masa praktik kerja industri (Prakerin) siswa bisa dilaksanakan di kelas XII sekaligus sebagai persiapan memasuki dunia kerja.

Hal ini diungkapkan General Manager Human Capital PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Tri Wasono Sunu ketika berkunjung ke SMK PGRI 3 Kota Malang.
"Selama ini yang terjadi, siswa dikirim ke tempat magang ke industri saat kelas XI. Sehingga tidak bisa langsung nyambung ke industri atau langsung bekerja karena harus kembali sekolah untuk ujian saat naik kelas XII. Dan tentunya hal itu agak berat," ujarnya.

Sehingga, sambungnya, apa yang dipelajari selama di industri tidak bisa langsung diaplikasikan dalam dunia kerja sesungguhnya. Wakil Kepala bidang Kurikulum SMK PGRI 3, Aprianto Safari menuturkan saat ini pemerintah sedang mematangkan kurikulum 2013 yang didalamnya juga menyinggung tentang perubahan UN untuk SMK. Pemerintah aka menerapkan model baru dalam pelaksanaan UN ini.

"Semoga saja segera diputuskan bahwa UN SMK bisa dilaksanakan di kelas XI," harapnya.

Alfamart memiliki program Go To Campus yang dilaksanakan dengan menggandeng sekolah dan perguruan tinggi.  Menurut Kepala Cabang Alfamart Malang, Tri Prawetyo, program ini merupakan bentuk komitmen dalam membantu pemerintah menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Kunjungan ke SMK PGRI 3 kemarin dilakukan untuk mengembangkan program yang sama di semua cabang Alfamart.

"Target kedepan di setiap cabang bisa dibuka kelas Alfamart di jenjang SMK," ujarnya.

SMK PGRI 3 akan menjadi pilot project untuk mengembangkan di sekolah yang lain. Kerjasama ini sudah dibangun sejak tahun 2009 hingga 2013 dan telah merekrut 135 karyawan lulusan SMK PGRI 3. Dipastikan jumlah ini akan terus bertambah. Alfamart sendiri terus mencatat pertumbuhan gerainya. Di Malang raya saja ada sedikitnya 28 outlet baru yang dibuka pada 2012 lalu.(oci/eno)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anggaran Buku Masih Ditahan DPR

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler