Duo Meneer Masuk Radar

Sabtu, 14 April 2012 – 08:38 WIB

JOHAN Cruyff dan Louis van Gaal tiba-tiba dikaitkan dengan jabatan strategis di Liverpool kemarin. Benarkah kedua pelatih asal Belanda itu akan menggantikan posisi Kenny Dalglish - Ternyata tidak. Duo meneer itu masuk radar Liverpool untuk menggantikan posisi Damien Comolli yang dilengserkan dari jabatan direktur strategi sepak bola Liverpool dua hari lalu (12/4).

Cruyff yang legenda pemain dan pelatih timnas Belanda itu termasuk sosok ideal. Sebab, pria 64 tahun tersebut memang lebih banyak berkecimpung di sektor manajemen sepak bola sekalipun masih tercatat sebagai seorang pelatih di tim negara bagian Catalan.

Cruyff dikenal sebagai orang yang meletakkan sistem di akademi sepak bola La Masia milik Barcelona. Hanya, salah satu direktur Ajax Amsterdam itu memiliki handicap karena baru mengikat kontrak dengan klub Meksiko Chivas Guadalajara sebagai konsultan sepak bola.

Di sisi lain, Van Gaal tidak terikat kontrak dengan pihak manapun saat ini. Pelatih 60 tahun itu menganggur sejak dipecat Bayern Munchen April tahun lalu. Van Gaal memang tidak pernah menjabat posisi di manajemen sepak bola sebelumnya. Tapi, dia dikenal memiliki track record bagus mengembangkan pemain muda.

"Kami butuh figur yang kuat dan tepat untuk mengisi jabatan tersebut (direktur sepak bola Liverpool, Red). Kami memiliki daftar calon pengganti, tapi tidak ada kriteria spesifik," kata Chairman Liverpool Tom Werner sebagaimana dilansir Liverpool Echo.

"Dengan yang sebelumnya (Comolli), kami memiliki kesepakatan perihal strategi transfer, tapi ada yang tidak selaras dalam implementasinya," sambung tangan pemilik Liverpool John Henry tersebut.

Dalam kesempatan itu, Werner menegaskan apabila posisi Dalglish sebagai juru strategi tetap aman. Manajemen Liverpool menganggap raihan buruk Liverpool di Premier League musim ini bukan karena kesalahan Dalglish, melainkan Comolli yang tidak mampu memanfaatkan dana transfer 113 juta pounds (setara Rp 1,6 triliun) dengan baik.

"Kami masih memiliki keyakinan besar terhadap Kenny. Kami merasa tim yang sekarang akan meraih banyak sukses di masa depan, dan dia mendapat dukungan penuh kami," jelas Werner. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Freddy Resmi Besut Persebaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler