Durasi YouTube Shorts Kini Makin Panjang Jadi 3 Menit

Minggu, 06 Oktober 2024 – 21:43 WIB
Ilustrasi pengguna YouTube Shorts. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - YouTube kembali meningkatkan layanan video pendeknya - Shorts, dengan memperpanjang durasinya hingga 3 menit.

Dengan demikian kreator dapat lebih leluasa menghadirkan kreasi video pendek, dan tidak lagi terbatas dengan durasi yang teramat pendek.

BACA JUGA: YouTube Memperkenalkan Banyak Fitur Baru Untuk Shorts

Director of Product Management YouTube Shorts Todd Sherman, mengatakan durasi Shorts yang mencapai tiga menit itu bisa diunggah oleh kreator mulai 15 Oktober 2024.

"Ini adalah fitur yang paling banyak diminta oleh kreator, jadi kami senang memberi kreator lebih banyak fleksibilitas untuk menceritakan kisahnya," kata Todd dalam unggahan di blog.

BACA JUGA: YouTube Shorts Kini Hadir Bagi Pelanggan Berbayar

Shorts dengan durasi 3 menit berlaku untuk video yang rasio aspeknya persegi atau lebih tinggi.

Nantinya YouTube akan meningkatkan rekomendasi untuk Shorts, yang berdurasi lebih panjang dalam beberapa bulan mendatang.

BACA JUGA: Stiker Add Yours Sudah Tersedia Bagi Semua Pengguna YouTube Shorts

Selain menambah durasi untuk Shorts, YouTube juga melakukan beberapa pembaruan untuk pembuatan konten.

Misalnya dengan menyediakan templates, kreator YouTube Shorts bisa dengan mudah mengikuti tren terbaru, dan menyesuaikan video rekamannya dengan lagu viral ataupun tren lainnya.

Guna mencoba template, pengguna bisa memilih opsi "Remix" di Shorts dan pilih "Use this template" untuk membuat versinya sendiri.

Selain itu, YouTube juga akan membawa Veo yaitu model AI Google yang mumpuni untuk membuat video ke dalam Shorts.

"Kreator akan dapat mewujudkan ide mereka dengan latar belakang video yang lebih luar biasa dan klip video mandiri, yang akan membuat Shorts Anda makin memukau akhir tahun ini," kata Todd.

Terakhir, YouTube juga memberikan pembaruan untuk pengguna bisa menyesuaikan preferensinya untuk mengakses konten-konten Shorts.

Apabila terasa terlalu banyak, pengguna YouTube bisa memilih opsi "Show fewer Shorts", dengan mengeklik menu tiga titik di kanan atas kisi Shorts mana pun di umpan Beranda.

Setelahnya pengguna akan lebih sedikit terpapar oleh konten Shorts di Beranda-nya. (ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gandeng Shopee, Program YouTube Shopping Affiliates Resmi Diluncurkan di Indonesia


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler