YouTube Shorts Kini Hadir Bagi Pelanggan Berbayar

Senin, 01 April 2024 – 06:01 WIB
Ilustrasi pengguna YouTube berbayar. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - YouTube menawarkan konten video pendek tambahan bagi pelanggan berbayar, lewat Shorts milik content creator pilihan.

Dengan begitu, pelanggan berbayar memiliki keuntungan lebih selain mencakup emoji khusus, lencana, streaming langsung, dan lainnya.

BACA JUGA: Kisah Pilu Istri YouTuber Palestina yang Merasa Dikriminalisasi

Shorts Khusus Anggota di YouTube dapat menarik pemirsa untuk mendaftar keanggotaan berbayar.

YouTube mengatakan pembuat konten dapat menggunakan opsi baru tersebut untuk membagikan pengumuman khusus, peluncuran produk, atau penawaran waktu terbatas.

BACA JUGA: TikTok Mulai Menyaingi YouTube Dengan Menguji Coba Video 30 Menit

Kreator dapat menggunakan video Shorts Khusus Anggota untuk Tanya Jawab, tampilan di balik layar, atau klip konten mendatang.

Peluncuran itu dilakukan ketika TikTok membuka penawaran berlangganannya kepada lebih banyak pembuat konten.

BACA JUGA: Nonton YouTube Sangat Lambat? Mungkin Anda Masih Mengaktifkan Ads Blocker

Awal bulan ini, TikTok mengumumkan bahwa alat monetisasi Langganan LIVE-nya diganti namanya menjadi “Langganan” dan akan segera diperluas ke pembuat konten non-LIVE.

Perluasan itu berarti pembuat konten reguler akan dapat mengunggah video eksklusif yang hanya dapat dilihat oleh pelanggan berbayar.

Setelah mengunggah video Shorts, pembuat konten dapat memilih untuk menyediakannya hanya bagi pelanggannya dengan memilih opsi baru “khusus anggota” di bagian “visibilitas”.

Kreator juga dapat memilih untuk menetapkan video Shorts yang sudah ada sebagai khusus anggota.

Selain itu, pembuat konten memiliki opsi untuk menjadwalkan video Shorts mereka dari khusus anggota menjadi publik, agar pelanggan dapat mengakses konten lebih awal sebelum tersedia untuk orang lain.

YouTube mendorong para pembuat konten untuk membuat video Shorts tetap kasual dan lebih organik daripada konten publik mereka, sehingga kemungkinan besar akan membuat pelanggan merasa bisa melihat lebih dekat kehidupan dan aktivitas pembuat konten.

Pelanggan akan melihat video pendek eksklusif di tab Shorts, feed Subscription, dan di channel kreator.

Konten eksklusif akan ditampilkan dengan ikon bintang, yang menunjukkan bahwa konten tersebut hanya tersedia untuk pelanggan berbayar.

YouTube mengumumkan bahwa Shorts rata-rata ditonton lebih dari 70 miliar setiap hari, dan lebih dari 25 persen saluran di Program Mitra YouTube memonetisasi video mereka melalui pembagian pendapatan di Shorts. (techcrunch/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... YouTube Mengenalkan Fitur Baru Untuk Memoderasi Komentar di Video


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler