Durian Tebing Banjiri Palembang

Jumat, 03 Juni 2011 – 09:43 WIB

KUTO BARU - Bagi penggemar buah durian, kini saat yang tepat untuk memanjakan diri menikmati buah beraroma cukup menyengat ini sepuas-puasnyaPasalnya, sekarang ini  buah durian tengah membanjiri Kota Palembang khususnya di Pasar Kuto Baru.  Maklum saja, saat ini tengah panen raya di sentra Kabupaten Empat Lawang (Tebing Tinggi). 

"Buah durian banjir masuk dari kalangan pedagang pengumpul Kabupaten Empat Lawang, jadi peluang juga untuk mengecer di Kota Palembang,” tutur Rusdian (46), salah satu pedagang durian di kawasan Pasar Kuto Baru, kemarin (2/6).

Menurutnya, pasokan buah durian ke Kota Palembang, sudah berlangsung sejak dua pekan terakhir

BACA JUGA: Disensus, Larang Potong Sapi Betina

Namun, membajirnya satu minggu terakhir
Akibatnya banyak pedagang durian dadakan di sepanjang Jl Slamet Riyadhi, karena lebih mudah dijangkau konsumen

BACA JUGA: Banten Daerah Potensial Konflik



"Kami setiap musim panen raya buah durian selalu memilih, berjualan di pinggir jalan, umumnya mulai sore hari," katanya
Sebab, kalau berjualan di pasar-pasar di siang hari warga tidak banyak yang membeli, jika dibanding pada pinggir jalan

BACA JUGA: Diganti, Bekas Pejabat Protes Keputusan Bupati

Kini harga jual buah durian mulai dari ukuran kecil Rp6.000/buah, ukuran sedang Rp10.000/buah dan ukuran besar capai Rp14.000/buah.

"Kami mamatok harga eceran mengacu dengan pedagang pengumpul dari sentranyaUntung hanya tipis tetapi cukup membantu untuk menutupi biaya kebutuhan keluarga," kata Rusdian.

Pantauan Sumatera Ekspres (grup JPNN) beberapa lokasi kawasan padat pedagang dadakan menjual buah durian diantaranya Jl Slamet Riyadhi Pasar Kuto, Jl KH Ahmad Dahlan, Jl Yos Sudarso Lemabang, Pasar Simpang Sungki Kertapati serta Jl Demang Lebar Daun. 

Namun demikian,  warga di malam harinya terlihat padat membeli buah durian di pinggir Jl Slamet Riyadhi Pasar Kuto Baru iniLokasi ini, menyediakan tempat duduk bagi konsumen yang hendak langsung menikmati buah durian.   

Secara terpisah, seorang pedagang pemasok buah durian dari Kabupaten Empat Lawang, Udin (52), menyebutkan, buah durian asal Empat Lawang ini,  juga dipasok ke sejumlah pasar-pasar tradisional yang ada di Provinsi Sumsel.

Sebagian pedagang pengumpul ada yang memasok ke luar provinsi di antaranya ke Bengkulu, Jambi dan Pekanbaru" Sekarang ini, tengah musim buah durian dengan jumlah distribusi buah durian mencapai 4 ribu per harinyaDiprediksi, satu minggu ke depan, hasil buah durian bisa mencapai 10 kali lipat," pungkasnya.(mg 26)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Miskin Dapat Bantuan Perumahan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler