E-KTP Sudah Jadi, Sulit Distribusi

Kamis, 12 April 2012 – 18:27 WIB

JAKARTA-Jelang Pemilukada DKI Jakarta, pendistribusian fisik KTP elektronik (e-KTP) belum merata di tiap-tiap kelurahan di wilayah ibu kota.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kependudukan Catatan Sipil DKI Jakarta, Purba Hutapea kepada wartawan di Jakarta, Kamis(12/4).

"Kementerian Dalam Negeri sudah menyerahkan sebanyak 1.370.000 fisik e-KTP, tapi belum semua didistribusikan dan kelurahan di ibu kota belum menerimanya," kata Purba kepada wartawan.

Menurut Purba, pendistribusian fisik e-KTP tidaklah mudah. Sebelum KTP elektronik disebarkan, kelurahan harus mengkroscek kembali data kepada masing-masing warga. Proses pencocokan datanya sama seperti pembuatan e-KTP dengan pemindaian sidik jari.

"Jadi prosesnya sama saat dengan pendataan e-KTP, warga dipanggil ke kelurahan dan data harus dicocokkan. Kalau cocok baru akan diserahkan ke warga, jadi tidak semudah membagikan kartu nama," terang Purba.

Purba menambahkan, saat ini baru wilayah Jakarta Barat yang sudah mulai membagikan fisik e-KTP kepada warga. Di Jakarta Barat ada 56 kelurahan yang mulai mendistribusikan 820 ribu e-KTP mulai pekan ini.

Di Jakata Utara, ada empat kelurahan yang akan menyalurkan 2000 e-KTP. Di Jakarta Timur, ada 10 kelurahan dengan 210 ribu e-KTP. Di Jakarta Pusat ada 10 kelurahan yang akan mendistribusikan 6000 e-KTP. Sedangkan di Jakarta Selatan ada 15 kelurahan dengan 2000 e-KTP.

"Serta Kepulauan Seribu ada 6 kelurahan dengan 2000 KTP," papar Purba. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Foke Imbau Walikota Ikut Aktif Berdayakan RT


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler