Eks Kombatan GAM Mulai Mendaftar

Jumat, 20 Januari 2012 – 06:33 WIB
SANDERA ISTRI KANDIDAT . Kelompok sipil bersenjata menyadera istri kandidat gubernur Aceh saat simulasi pengamanan pemilukada di Mapolda Aceh; Banda Aceh, Kamis (19/1). Foto: Rakyat Aceh/JPNN

LANGSA-Putusan sela Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) membuka lagi pendaftaran pasangan calon di Pemilukada Aceh, disambut baik oleh Partai Aceh (PA),  baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Kini partai yang menguasai parlemen di Aceh tersebut ramai-ramai mendaftarkan calon mereka ke KIP setempat. Ini seperti dilakukan oleh PA Kota Langsa, PA Aceh Utara dan PA Aceh Barat.

Sekretaris PA Kota Langsa, Furqan, SPdI kepada Metro Aceh (Grup JPNN) Kamis (19/1) memastikan keikutsertaan PA dalam Pemilukada tahun 2012 ini dan akan mendaftarkan pasangan calon ke KIP. Ini merupakan putusan DPP PA Aceh dalam rapat koordinasi dengan seluruh pimpinan dan pengurus PA tingkat Kabupaten/Kota di Banda Aceh pada Rabu (18/1).

"Memang awalnya PA tidak bersedia ikut dalam Pemilukada ini dan tidak mau mendaftarkan pasangan calon. Namun setelah adanya perdebatan dan perjuangan panjang yang akhirnya MK kembali mengeluarkan putusan sela yang meminta KIP membuka kembali tahapan pendaftaran, maka DPP PA Aceh dengan berbagai pertimbangan memutuskan ikut dalam Pemilukada ini," terang Furqan.

DPW PA Kota Langsa sendiri masih mengacu pada putusan awal yaitu mengusung Usman Abdullah, SE alias Toke Seuum dengan Drs. Marzuki Hamid, MM.  "Saat ini kita sedang menyiapkan berkas administrasi pendaftaran, Insyaallah besok Jum'at (hari ini-red) kita akan mendaftar ke KIP Langsa sehabis ba'da Jum'at," sebut Furqan.

Sementara itu PA Aceh Utara, juga telah mendaftarkan calon mereka Muhammad Thaib (eks kombatan GAM) berpasangan dengan Muhammad Jamil (eks Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Aceh Utara), sebagai peserta Pemilukada Aceh, ke Kantor KIP Aceh Utara, Kamis (19/1).

Muhammad Thaib mengatakan, dirinya maju menjadi calon bupati atas dukungan dari Partai Aceh dan berpasangan dengan Muhammad Jamil. “Kita mendapatkan perintah dari pimpinan kita Partai Aceh di Kabupaten Aceh Utara, mendaftar demi mendukung terlaksananya MoU Helsinki. Pimpinan kita berharap kepada masyarakat agar menegakan dan menyelamatkan MoU Helsinki dan tidak ada tujuan lain,”jelasnya. 

Di tempat terpisah, PA Kabupaten Aceh Barat, juga mendaftarkan pasangan calon Bupati usungan mereka ke kantor KIP daerah setempat. PA memilih pasangan Adami Umar Mpd dan Bustanudin sebagai calon yang dipertandingkan pada Pemilukada 2012. (dai/arm/deni)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Disomasi Aburizal Bakrie, Politisi Demokrat Tak Ciut Nyali


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler