Eks Pelatih Timnas AMIN Dapat Restu Gerindra Maju di Pilgub Sulteng, Begini Analisis Pengamat

Kamis, 16 Mei 2024 – 20:50 WIB
Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali. Foto: Aristo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Situasi perpolitikan jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) di Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai memanas. Sejumlah tokoh pun mulai mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon gubernur.

Salah satunya yang disebut maju pada Pilgub Sulteng adalah Ahmad Ali, selaku Waketum NasDem dan mantan pelatih Timnas AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) pada Pilpres 2024.

BACA JUGA: Ahmad Ali NasDem Ditunjuk jadi Head Coach Timnas AMIN

Bahkan Ahmad Ali disebut sudah mendapat restu dari Partai Gerindra untuk maju pada Pilgub Sulteng 2024.

Selain itu, ada juga Rusdi Mastura (Gubernur Sulawesi Tengah 2020-2024), Irwan lapata (mantan Bupati Kabupaten Sigi), Hidayat Lamakarate (mantan Sekertaris Daerah Sulawesi Tengah), dan Anwar Hafid (Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah) yang sudah mendeklarasikan diri.

BACA JUGA: Soal Survei Litbang Kompas, Ahmad Ali Tak Kaget AMIN Susul Ganjar-Mahfud

Tokoh muda Sulteng, Wahyudi Jarmanto yang juga pengamat politik daerah menilai munculnya sosok Ahmad Ali atau H Mad itu menambah banyak pesaing untuk Pilgub Sulawesi Tengah.

“H Mad maju bisa jadi dikarenakan kegagalan beliau pada kontestasi Pileg 2024 di daerah pemilihan Jakarta Timur kemarin atau mendapatkan tugas dari DPP Partai Nasdem untuk memenangkan Pilkada Sulteng,” kata dia dalam siaran persnya, Kamis (16/5).

BACA JUGA: Sepakat dengan Ahmad Ali, Uni Irma: Sudirman Said Tidak Paham Strategi

Wahyudi pun menyebut ada anomali yang terjadi dalam Pilkada Sulteng kali ini yang mana Rusdi Mastura sebagai petahana dan juga kader Gerindra tidak mendapatkan restu dari Partai Gerindra untuk maju pada pilkada 2024.

“Ini merupakan kejadian luar biasa yang mana Rusti Mastura sebagai Kader Gerindra tidak mendapatkan restu dan malah restu itu didapatkan oleh H. Mad yang notabanenya bukan kader Gerindra,” ujar dia.

Padahal, kata Wahyudi, sosok Rusdi cukup vokal dalam menyuarakan kemenangan Prabowo-Gibran di Sulawesi Tengah pada Pilpres 2024.

“Kami sebagai masyarakat tentu berdoa agar Sulawesi Tengah diberikan pemimpin terbaik serta mampu mengakselerasi pembangunan, dikarenakan Sulteng ini merupakan daerah kaya dan kekayaan tersebut bisa dioptimalkan untuk kemajuan masyarakat,” kata dia.

“Kami tidak tahu intrik-intrik politik apa yang terjadi di Jakarta tetapo kami percaya siapa pun yang terpilih nanti pasti yang terbaik untuk Sulawesi Tengah,” pungkas dia. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prasetio Edi dan Ahmad Ali Jadi Tokoh yang Didorong KAHMI Jaya untuk Gubernur DKI


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler