Eks Penyerang Chelsea dan Newcastle Demba Ba Resmi Pamit dari Dunia Sepak Bola

Selasa, 14 September 2021 – 09:39 WIB
Mantan stiker Chelse, Demba Ba memutuskan pensiun dari lapangan hijau. Foto: Twitter @ChelseaFC

jpnn.com, LUGANO - Mantan striker Chelsea dan Newcastle United, Demba Ba mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola.

Melalui sosial media pribadinya, penyerang asal Senegal itu mengonfirmasi keputusannya untuk gantung sepatu.

BACA JUGA: 5 Alasan yang Bikin Barcelona Sulit Mengalahkan Bayern Munchen

Tercatat Demba Ba terakhir kali bermain di Liga Super Swiss memperkuat Lugano. Di sana dia hanya bermain selama 47 menit dalam tiga pertandingan hingga kontraknya tidak diperpanjang.

Demba Ba menuliskan pesan mengharukan di Twitter pribadinya. Pemain berusia 36 tahun itu berterima kasih kepada semua yang telah mendukungnya mulai dari awal karier hingga saat ini.

BACA JUGA: Malmo vs Juventus: Si Nyonya Tua Pincang Ditinggal Dua Pemain

“Dengan hati yang dipenuhi rasa syukur saya mengumumkan akhir karier bermain saya. Sungguh perjalanan yang luar biasa. Selain semua keringat dan air mata yang saya hadapi, sepak bola telah memberi saya begitu banyak emosi yang indah."

"Dari semangat para suporter dan kebisingan yang datang dari tribune setelah setiap gol hingga koneksi dengan rekan tim saya di dalam dan di luar lapangan, ini akan selamanya saya simpan di kepala dan hati saya.

BACA JUGA: Tanpa Messi, Barcelona Optimistis Hadapi Bayern Munchen di Liga Champions 2021

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang pernah bertemu dengan saya dan membantu saya tumbuh, setiap klub dan manajer yang telah memberi saya kesempatan, para suporter atas dukungan luar biasa mereka dan keluarga serta teman-teman saya atas cinta tanpa syarat."

“Dari lubuk hati saya yang paling dalam, terima kasih. Segala puji bagi Yang Maha Kuasa,” tulis Ba di Twitter pribadinya.

Selama berkarier sebagai pesepak bola profesional, Demba Ba pernah memperkuat beberapa tim di liga Prancis, Belgia, Jerman, Inggris, Turki, China dan terakhir Swiss.

Demba Ba pernah membawa Chelsea menjuara Liga Europa 2012/13 dan dua kali meraih gelar Super Lig Turki saat membela Besiktas serta Istanbul Basaksehir pada musim 2016/17 dan 2019/20.

Untuk level timnas, Demba Ba memulai debut pada 2007 dan bermain hingga 2015. Selama berseragam timnas Senegal, pemain yang identik dengan selebrasi sujud itu telah mencetak empat gol dari 22 penampilan.

Klub yang paling lama dibela Demba Ba ialah Hoffenheim dari 2007 hingga 2011. Selama membela klub Jerman tersebut, Ba mencetak 37 gol dari 97 laga di ajang Bundesliga.

Ba kemudian terbang ke West Ham pada Januari 2011. Karier Ba bersama The Hammers hanya berlangsung enam bulan saja karena tim tersebut pada tahun itu harus degradasi ke Divisi Championship.

Dari West Ham, Ba akhirnya berlabuh ke Newcastle dan menjadi mesin gol utama The Toon Army dari 2011 hingga 2013. Ba turut menyumbang 29 gol dari 54 pertandingan.

Pada Januari 2013, Demba Ba memutuskan bergabung dengan Chelsea di bawah asuhan pelatih Roberto Di Matteo. Selama berseragam tim biru asal kota London itu, dia mencetak 14 gol.

Bersama The Blues, Demba Ba pernah mencetak gol krusial saat Chelsea menghadapi Liverpool. Saat itu dia memanfaatkan terpelesetnya kapten The Reds, Steven Gerrard.

Akibat gol Demba Ba tersebut, Chelsea menutup laga dengan kemenangan 2-0 dan Liverpool pun gagal menjadi juara Premier League 2013/14.(twitter/mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler