Ekspor Perdana Ikan Tuna ke Vietnam, LPEI Berkolaborasi dengan PT Sarinah

Jumat, 08 April 2022 – 01:11 WIB
Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) berkolaborasi dengan PT Sarinah melepas ekspor komoditas ikan tuna ke Vietnam. Foto dok LPEI

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank berkolaborasi dengan PT Sarinah melepas ekspor komoditas ikan tuna dari Warehouse Benoa, Bali menuju Tuy Hoa, Vietnam. 

Pelepasan ekspor ada di dua lokasi, yakni di Jakarta, tepatnya di Sarinah Trading House lantai 5 dan Warehouse Benoa, Bali.

BACA JUGA: Menteri BUMN: Tidak Mungkin Saya Membentuk Holding Untuk Memperlemah PLN

Ekspor ini merupakan realisasi fasilitas pembiayaan ekspor yang diberikan oleh LPEI kepada PT Sarinah.

Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati mengatakan pihaknya memiliki beberapa fasilitas dan kapasitas sebagai lokomotif UMKM menuju pasar global.

BACA JUGA: Istri Menolak Variasi Gaya Bercinta? Apakah Termasuk Pembangkangan? Simak Hukumnya

PT Sarinah memiliki wadah, fasilitas, jejaring, manajemen, serta lembaga yang memandu UMKM untuk menumbuh kembangkan kualitas produk nasional dan kewirausahaannya melalui proses kurasi yang komprehensif.

Lembaga ini dinamakan Sarinah Pandu yang merajut semua kapasitas dan fasilitas tersebut melalui kolaborasi dengan stakeholders.

BACA JUGA: Nyaman Pakai Hijab, Celine Evangelista: Aku Tanya ke Beberapa Ustaz, Salah Enggak?

Pelepasan ekspor ini merupakan komitmen dari perwujudan transformasi Sarinah dalam menumbuh kembangkan produk unggulan domestik.

Pemasok komoditas ekspor tuna sirip kuning beku untuk ekspor ini adalah para nelayan dan UMKM mitra pemasok Sarinah yang telah terkurasi dan dipasarkan oleh unit usaha ekspor dan perdagangan PT Sarinah.

Nilai ekspor produk ini bernilai USD107.000 dengan volume yang mencapai 27 ton dengan jenis tuna sirip kuning beku.

Ini merupakan ekspor perdana komoditas tuna dan yang perdana pada 2022, serta kerja sama dalam pembiayaan dari LPEI.

“Lebih dari itu, kolaborasi ini merupakan sinergi konkret dalam memperkuat strategi bisnis yang berfokus pada peningkatan akses dan layanan keuangan bagi para pelaku usaha dalam negeri untuk merealisasikan ekspor. Dengan berbagai kemudahan yang difasilitasi oleh LPEI, diharapkan kolaborasi ini akan terus berkontribusi dalam mengakselerasi ekspor tanah air,” lanjutnya.

Direktur Eksekutif LPEI, Rijani Tirtoso mengungkapkan kerja sama ini sesuai dengan mandat LPEI untuk meningkatkan ekspor nasional melalui pembiayaan, penjaminan, asuransi, dan jasa konsultasi khususnya bagi para UKM.

Ekspor ikan tuna ke Vietnam ini juga merupakan hasil kerja sama Sarinah dan UKM binaannya asal Jawa Timur merupakan langkah awal untuk membawa UKM ke pasar internasional.

“Dengan fasilitas pembiayaan modal kerja sebesar Rp 50 miliar yang kami salurkan kepada Sarinah untuk pengembangan bisnis ekspor, para pelaku usaha mitra binaan Sarinah tidak perlu khawatir akan terbatasnya modal,” kata Rijani.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler