El Loco Tampil Sebagai Penyelamat

Hanya Menang Tipis 1-0, Garuda Belum Aman ke Final

Kamis, 16 Desember 2010 – 22:17 WIB
Foto: Dok.JPPhoto

JAKARTA -- Pertandingan semifinal leg pertama Indonesia melawan Filipina dalam Piala AFF Suzuki Cup 2010 di stadion Gelora Bung Karno, Kamis malam (16/12) berakhir dengan skor 1-0.  Gol semata wayang Indonesia dilesatkan pemain naturalisasi Christian 'El Loco" Gonzales pada menit ke 31 melalui sundulan kepalaGol cantik ini tercipta berkat umpan kapten timnas, Firman Utina dari sisi kiri lapangan yang mengecoh bek Filipina dan kiper lawan, Neil Leonard Dula

BACA JUGA: Menang Tipis, Masih Berat Menuju Final

Gonzales yang bermain ngotot mampu menggapai bola dengan heading-nya dan menceploskan si kulit bundar ke sudut kanan kiper.

Dengan kemenangan tipis 1-0  masih belum menjamin tiket ke  final bagi Firman Utina dan kawan-kawan.  Karena itu,  Tim Garuda masih harus bekerja keras di pertarungan semifinal leg kedua yang akan digelar hari Minggu (19/12) mendatang, di stadion yang sama
Gol tunggal El Loco banyak disebut sebagai doping bagi para pemain Indonesia, setelah beberapa serangannya dikandaskan pemain-pemain belakang Philipina yang kokoh itu.

Kepercayaan diri pemain Indonesia bangkit setelah gol tercipta

BACA JUGA: Gol Gonzales Bangkitkan Rasa Pede

Di sisa babak pertama dan sepanjang babak kedua, para pemain timnas menunjukkan kualitasnya
Aksi-aksi dari Okto Maniani  dan Muhammad Nasuha makin menggila.Arif Suyono yang menggantikan Okto di menit ke 60 juga bermain cemerlang

BACA JUGA: Babak Pertama, Timnas Unggul 1-0

Sama halnya dengan Bambang Pamungkas (BP) yang masuk di menit ke 68 menggantikan Irfan BachdimBeberapa kali kerjasama satu duanya dengan Gonzales merepotkan Alexander Boromeo dan Anton Del Rosario di barisan pertahanan lawan.

Pertandingan ini menyuguhkan tontonan yang menarik bagi sekira 80 ribu penonton yang memadati Gelora Bung KarnoKedua tim bermain terbuka dengan serangan berbahayanyaSecara keseluruhan Filipina telah menunjukkan kualitasnya bermain apik dengan serangan balik yang membahayakan.

Namun, pemain Indonesia mampu mendikte aksi hebat duet Philip dan James Younghusband yang tampil memukau.  Pelatih tim Merah Putih, Alfred Riedl yang tampak khawatir di menit-menit awal menjadi percaya diri setelah terciptanya gol GonzalesBegitu pula dengan para pemain timnas di tengah lapangan.

Serangan Indonesia di awal  babak pertama lebih banyak lewat umpan panjang selalu mampu berubah dengan umpan satu dua yang cantikPeluang pertama Indonesia diperoleh Irfan bachdim di menit ke 7 babap pertamaSayangnya, Irfan tak mampu melesakkan bola ke dalam gawang.

Setelah itu, Firman coba menerobos dan membahayakan gawang lawan bila tak salah pengertian dengan GonzalesTak lama berselang, peluang emas datang dari sontekan mendatar Gonzales yang hampir berbuah golSayangnya, peluang yang didapat dari hasil kerjasama sayap kiri Okto Maniani dan M Nasuha tak berbuah gol.

Filipina bukan tanpa seranganSepuluh menit awal tim besutan pelatih Simon McMenemy ini sering merepotkan pemain belakang IndonesiaDua peluang emasnya diperoleh melalui tendangan keras Philip Younghusband dari luar kotak pinalti yang mampu ditahan Markus Haris MaulanaMenit ke 23 Philip kembali melepaskan tendangan kerasnya dari luar kotak pinalti sisi kiri lapanganTendangannya mampu ditepis tipin Markus yang hampir saja tak mampu menggapainyaTapi, hingga peluit tanda babak pertama berakhir skor tak berubah.

Di babak kedua, kedua tim saling serang secara bergantianIndonesia dan Filipina berupaya memanfaatkan serangan balikIndonesia memiliki peluang lebih dulu lewat Gonzales yang hampir menjebol gawang lawan untuk kedua kalinyaKali ini duel di lapangan tengah lebih terlihatBahkan, pertarungan berlangsung lebih kerasUntung saja duet Firman dan Ahmad Bustomi mampu mendominasi. 

Gonzales lagi-lagi merepotkan pemain belakang lawanRosario hampir saja kecolongan dengan Gonzales yang berlari kencang melepaskan diri dari perangkap off side mendapatkan umpan terobosan FirmanSambil menjatuhkan diri, Rosario mampu membuang bola di hadapan Gonzales yang tinggal berhadapan dengan kiper Filipina.

Menit ke 74 penjaga gawang Indonesia, Markus Haris Maulana hampir saja membuat Indonesia kebobolanKiper berkepala plontos ini meninggalkan lawan dan merebut bola dari Maman Abdurachman yang akan membuang bola.

Bola yang lepas dari tangan Markus yang tak mampu meraihnya jatuh ke kaki James YounghusbandTendangannya ke sudut kanan gawang Markus hampir masukUntung saja ada Zulkifli Syukur yang mampu membuang bola dengan sundulan kepalanya.

Menit ke 78, Indonesia balik menyerangUmpan BP hampir membuahkan gol bila mampu diheading Gonzales di hadapan gawang yang telah ditinggalkan kiperKemudian giliran Arif Suyono yang beraksi dari sisi kiri lapangan menuju ke tengah dengan melewati beberapa pemain.

Hingga wasit meniup tanda babak kedua berakhir, skor 1-0 tak berubahIndonesia mendapatkan modal satu gol menghadapi pertandingan leg kedua Minggu (19/12)Bermain seri saja, timnas Indonesia akan lolos ke Final.

Sayangnya, dua pemain andalan Indonesia, Gonzales dan Okto mendapatkan kartu kuning dalam pertandingan iniPada babak penyisihan, Firman yang juga sangat diandalkan di timnas juga telah mendapatkan kartu kuning.

Kemenangan Indonesia ini memperpanjang sejarah Filipina yang tak pernah menang melawan IndonesiaSetelah pertandingan ini, tercatat Indonesia tak pernah kalah dari negara tetangga ini dalam 17 kali pertandinganNamun, pasukan Alfred Riedl tak boleh berpuas diri dengan dengan hasil iniTim besutan Simon Mc Menemy yang mengalahkan Thailand 2-0 di babak penyisihan lalu bisa saja membuat kejutan di leg kedua nanti.(sto/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gaji Telat, Pemain Arema Mogok


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler