Elektabilitas Anies Belasan Persen, Bakal Capres Koalisi Perubahan: Banyak Hal Akan Terjadi

Kamis, 25 Mei 2023 – 09:22 WIB
Bakal capres di Pilpres 2024 Anies Baswedan di acara deklarasi relawan Amanat Indonesia (ANIES) di GBK Senayan, Jakarta, Minggu (7/5). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com - MALANG  - Hasil survei Litbang Kompas yang dilakukan 29 April-10 Mei 2023 menunjukkan elektabilitas Anies Baswedan berada di urutan terakhir, yakni 13,6 persen.

Elektabilitas Prabowo Subianto berada pada urutan pertama dengan 24,5 persen.

BACA JUGA: Elektabilitas Ganjar Urutan Kedua, Hasto PDIP Menantang LSI Denny JA, Menyengat Banget

Hasil survei dengan simulasi tiga kandidat capres di Pilpres 2024 tersebut menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo di urutan kedua dengan 22,8 persen,

Anies Baswedan, bakal capres 2024 yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), menanggapi santai hasil survei Litbang Kompas tersebut.

BACA JUGA: Elektabilitas Ganjar Pranowo Menurun, 3 Hal ini jadi Penyebabnya

Dalam kunjungan ke Desa Jeru, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (24/5), Anies mengatakan bahwa pemungutan suara Pilpres 2024 baru akan dilaksanakan delapan bulan lagi sehingga hasil survei yang ada tersebut masih fluktuatif.

"Perjalanan masih panjang, masih ada delapan bulan lagi. Banyak hal yang akan terjadi. Kalau teman-teman memantau, selalu yang namanya survei berbulan-bulan sebelum pelaksanaan masih fluktuatif," kata Anies Baswedan.

BACA JUGA: Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Anies Lumayan, Gibran & Puan Mengejutkan

Pria kelahiran 7 Mei 1969 itu menjelaskan hasil survei tersebut akan menjadi bahan penting dalam menentukan rencana dan strategi ke depan.

Namun, Anies tidak bisa menjabarkan secara detail terkait strategi apa yang akan diterapkan.

Dia menilai, seringnya dilakukan survei oleh berbagai lembaga menjadi bukti bahwa ada perhatian yang tinggi terkait elektabilitas para bakal calon presiden yang akan berkontestasi.

"Kalau pemilu bulan depan, intensitas survei tinggi memang biasa, tetapi kalau sekarang, pemilu delapan bulan lagi, survei luar biasa. Rasanya hampir tiap satu atau dua minggu ada survei. Jadi menggambarkan ada perhatian tinggi dan dinamika masih sangat fluktuatif," ujar Anies.

Meskipun dalam survei Litbang Kompas tersebut menempatkan dirinya pada urutan terakhir, Anies meyakini pada Pilpres 2024 akan mendapatkan hasil yang optimal.

Hal tersebut dikarenakan dia selalu menampung aspirasi perubahan yang terus bergaung.

"Kalau optimisme, optimisme tinggi. Bahkan kami sangat optimistis. Karena kita (Koalisi Perubahan, red) merasakan aspirasi, keinginan, perubahan, dan keadilan, itu bergaung. Tentu harus berusaha, tidak bisa hanya dengan optimisme saja," katanya.

Anies Baswedan mengunjungi Pondok Pesantren Darul Muttaqin di Jalan Pendowo, Desa Jeru, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, untuk bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh agama dan masyarakat setempat. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler