Elektabilitas Ganjar Tertinggi, Presiden Mendatang Orang Jawa Lagi?

Rabu, 26 Oktober 2022 – 21:45 WIB
Elektabilitas Ganjar Tertinggi versi survei Populi Center. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survei Populi Center menunjukkan bahwa terdapat 6 tokoh yang bakal maju dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Keenam tokoh itu, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Jenderal Andika Perkasa, Puan Maharani, serta Airlangga Hartarto.

BACA JUGA: Ratusan Santri di NTT Dukung Ganjar jadi Presiden 2024

Berdasarkan hasil penelitian, Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling banyak diharapkan untuk menjadi Presiden mendatang dengan nilai 27,5 persen.

Sementara itu, Anies Baswedan menempati posisi kedua dengan nilai 26,3 persen. Di posisi ketiga disusul oleh Prabowo Subianto dengan nilai 23,5 persen.

BACA JUGA: Survei Populi Center: Mayoritas Warga Tak Percaya Anies Terlibat Kasus Formula E

Jenderal Andika Perkasa sebesar 5,3 persen, Puan Maharani sebesar 2,8 persen, sedangkan Airlangga Hartarto sebesar 1,3 persen.

Adapun yang belum memutuskan jumlahnya sebesar 11,8 persen, dan yang menolak menjawab pertanyaan ini sebesar 1,5 persen.

BACA JUGA: Hasil Survei Populi Center soal Pilkada Surabaya 2020, Ada yang Aneh

Terkait elektabilitas tiga capres 2024, Ganjar Pranowo berhasil mengalahkan Anies Baswedan maupun dan Prabowo Subianto.

Ganjar meraih elektabilitas sebesar (29,7 persen), disusul Anies Baswedan (29,2 persen), dan Prabowo Subianto (27,6 persen).

Sementara itu, 12,3 persen masyarakat belum memutuskan calon yang akan dipilih, dan sebesar 1,2 persen menolak menjawab.

Adapun untuk tingkat elektabilitas calon wakil presiden (Cawapres), Ridwan Kamil mendapat dukungan paling tinggi dengan 17,1 persen, kemudian disusul oleh Sandiaga Salahuddin Uno (15,8 persen).

Agus Harimurti Yudhoyono (12,3 persen), Jenderal Andika Perkasa (8,3 persen), Erick Thohir (7,8 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (7,3 persen).

Sementara itu, tokoh-tokoh lainnya mendapat persentase di bawah 5 persen. Adapun sebesar 19,3 persen masyarakat menolak menjawab pertanyaan ini.

Melihat hasil survei dan dinamika politik yang ada, ketiga tokoh tersebut pun diprediksi bakal bersaing sengit di Pemilhan Presiden (Pilpres) 2024.

Peneliti Senior Populi Center Usep Saepul Ahyar mengatakan tiga nama calon yang moncer, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan.

"Dukungan dari masyarakat tidak terlalu jauh. Satu sama lain bisa saling mengalahkan tergantung strategi, mungkin termasuk memilih wakilnya yang jadi pembeda," ujar Usep dalam Rilis Survei Nasional Populi Center yang digelar secara virtual, Rabu (26/10).

Di sisi lain, potensi pemilih di Indonesia yang kemungkinan besar lebih banyak berasal dari Jawa, secara tidak langsung membuka peluang bagi Capres 2024.

"Latar belakang Jawa itu akan sangat berpengaruh, tetapi faktor tersebut juga sangat ditentukan oleh bagaimana strategi dan inisiatif dari masing-masing calon mendapatkan dukungan suara," ujar pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Pribadi Kusman.

Menurutnya, jika kedua identitas itu ditempatkan pada satu kubu politik untuk mendapatkan dukungan, hal tersebut dapat menyelesaikan persoalan polarisasi sosial.

"Apabila salah satu calon, misalnya dari artikulasi politik identitas A itu hanya kemudian merangkul wakil dari sesama kubu tersebut, maka tidak akan menambah dukungan politik. Tetapi kalau bisa cross identity, kemungkinan akan bisa perluas untuk menang dari calon tersebut," tuturnya.

Populi Center menyelenggarakan Survei Nasional mulai tanggal 9 hingga 17 Oktober 2022 dengan sampel responden tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

Adapun salah satu tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap dinamika politik menjelang Pemilu tahun 2024.(ast/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Populi Center: PDIP Jangan Kayak Orang Lapar


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler