Elektabilitas NasDem Terdongkrak Anies, Surya Paloh Berupaya Bikin AHY Gembira

Rabu, 22 Februari 2023 – 17:11 WIB
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh disambut Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat tiba di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Rabu (22/2). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh memanggapi soal elektoral partainya melejit dibanding PKS dan Demokrat yang mengalami penurunan pada survei Litbang Kompas.

Kenaikan elektabilitas NasDem itu konon terjadi setelah mendeklarasikan Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden pada Pilpres 2024.

BACA JUGA: Surya Paloh Sebut Sikap Pemerintah soal Sistem Pemilu Sudah Jelas

Terkait hal itu, Paloh seperti berusaha menghibur teman koalisinya, yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan menyebut lembaga survei hanya memberikan indikasi.

"Tentu pemahaman kami, baik saya, Demokrat Mas AHY, dan partai lainnya, semua menghargai pikiran hasil survei," ujar Paloh saat memberi keterangan bersama AHY seusai pertemuan di kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu (22/2).

BACA JUGA: Surya Paloh Tiba di Demokrat, Disambut AHY dan Ibas

Paloh juga menyampaikan bahwa partai-partai di Koalisi Perubahan berkewajiban untuk saling membesarkan hati. Terlebih, NasDem pun sudah terbiasa dengan hasil survei yang rendah.

"NasDem sudah terbiasa surveinya rendah, naik sedikit baru napas aja, turun lagi," lanjutnya.

BACA JUGA: Misteri Menghilangnya Dosen UII, Begini Info dari Irjen Krishna Murti, Oalah

Bagi Surya Paloh, hasil survei merupakan hal yang dinamis dalam sebuah progres. Terlebih, NasDem, PKS, dan Demokrat saling berusaha dalam perjalanan politik yang panjang.

"Jadi, itu bukan semuanya hari ini, (survei) sebagai indikasi hari ini, iya, tetapi kan, ini panjang perjalanan. Kami berkewajiban untuk saling berusaha hadir, itu kewajiban," tutut Paloh.

Dia pun menyebut unsur 'saling hadir' itu pula yang menjadi nilai jual Koalisi Perubahan sehingga koalisinya bukan sekadar lip service karena kebutuhan sesaat saja.

"Kalau Mas AHY barangkali ada sedikit murung kecil, itu kewajiban saya bikin dia gembira sedikit. Kawan-kawan PKS sedikit, nah itu, kalau koalisinya enggak hangat, koalisinya hanya sekadar lip service saja, karena kebutuhan sesaat bersama-sama," beber Paloh.

Surya Paloh menyatakan NasDem, Demokrat, dan PKS memiliki semangat yang sama dan saling membesarkan.

"Insyaallah progres yang jauh lebih positif bisa kami dapatkan di depan. Kami semua berkepentingan dan semoga ter-manage dengan baik," pungkas Surya Paloh.(mcr8/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasto PDIP Sentil SBY soal Sistem Pemilu, Irwan Fecho Bereaksi


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler