Elektabilitas PDIP Tertinggi, Responden Pemilih Gerindra Paling Solid

Selasa, 04 Oktober 2022 – 16:09 WIB
Dokumentasi - Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim memaparkan hasil survei nasional bertajuk 'Peta Politik Nasional 12 Bulan Jelang Jelang Pendaftaran Calon Presiden' di Jakarta, Senin (3/10/2022). Foto: SSI

jpnn.com - JAKARTA - Hasil survei terbaru Skala Survei Indonesia (SSI) memperlihatkan elektabilitas PDI Perjuangan berada di urutan pertama.

Sementara dari kecenderungan pilihan partai politik dan kecenderungan dalam memilih kandidat presiden, pemilih Gerindra terlihat paling solid mendukung Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Sikap Wagub DKI Setelah Anies Baswedan jadi Capres, Ada tentang Prabowo

Menurut Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim, elektabilitas PDIP mencapai 19,6 persen. Disusul Gerindra 11,4 persen dan Partai Golongan Karya (Golkar) 9,6 persen.

Kemudian, Partai Demokrat 7,1 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 6,6 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5,0 persen, Partai NasDem 4,1 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3,2 persen dan Partai Amanat Nasional (PAN) 2,4 persen.

BACA JUGA: NasDem Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024, Ruhut Sitompul: Surya Paloh Itu Gimana?

"Kami kemudian mencoba melihat distribusi kecenderungan dukungan pemilih parpol terhadap tiga kandidat presiden yang memiliki elektabilitas terbaik. Yakni, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan."

“Dari 100 persen pemilih PKB, sebanyak 40,5 persen menyatakan akan memilih Prabowo Subianto. Kemudian 19,0 persen menyatakan akan memilih Ganjar Pranowo dan 1,3 persen menyatakan akan memilih Anies Baswedan," ujar Abdul Hakim dalam keterangannya, Selasa (4/10).

BACA JUGA: Anies Diusung NasDem, Riza Patria Tetap Dukung Prabowo jadi Capres

Sementara itu, dari 100 persen pemilih Gerindra, sebanyak 81,8 persen menyatakan akan memilih Prabowo Subianto.

Hanya 6,6 persen menyatakan akan memilih Ganjar Pranowo dan 3,6 persen menyatakan akan memilih Anies Baswedan.

Kemudian dari 100 persen pemilih PDIP, 28,9 persen menyatakan akan memilih Prabowo Subianto, sebanyak 44,7 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 4,3 persen akan memilih Anies Baswedan.

Dari 100 persen pemilih Golkar, sebanyak 27 persen menyatakan akan memilih Prabowo Subianto, kemudian 14,8 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 17,4 persen akan memilih Anies Baswedan.

Untuk NasDem, sebanyak 40,8 persen menyatakan akan memilih Prabowo Subianto, kemudian 4,1 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 40,8 persen akan memilih Anies Baswedan

Sementara PKS, sebanyak 16,7 persen akan memilih Prabowo Subianto, kemudian 11,7 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 41,7 persen akan memilih Anies Baswedan.

Sedangkan pemilih PPP, sebanyak 18,4 persen akan memilih Prabowo Subianto, 18,4 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 15,8 persen akan memilih Anies Baswedan.

Sedangkan pemilih PAN, sebanyak 27,6 persen akan memilih Prabowo Subianto, kemudian 3,4 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 58,6 persen akan memilih Anies Baswedan.

Sementara pemilih Demokrat, sebanyak 20,0 persen akan memilih Prabowo Subianto, 15,3 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 17,6 persen akan memilih Anies Baswedan.

“Dari sini bisa dilihat kecenderungan responden pemilih parpol yang paling solid adalah Partai Gerindra dalam mendukung Prabowo Subianto, yakni mencapai 81,8 persen."

"Sementara untuk parpol lain, kecenderungan solid dalam mendukung kandidat tertentu belum terlihat signifikan," kata Abdul Hakim.

Survei dilaksanakan pada 23-29 September dengan wilayah survei dilakukan di 34 provinsi.

Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 orang.

Margin of error mencapai 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (gir/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nyarwi: Anies Baswedan Bisa Mengerti Apa yang Diinginkan Presiden Jokowi


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler