Elektabilitas Prabowo Melejit, Beda Jauh dengan Ganjar & Anies

Senin, 08 Mei 2023 – 21:35 WIB
Ketum Gerindra Prabowo Subianto, pada suatu hari di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai Capres 2024 menempati posisi teratas berdasarkan temuan survei SPIN per April-Mei yang dirilis di Jakarta, Senin (8/5).

Dari penjelasan Direktur Survey & Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara, elektabilitas Prabowo unggul jauh dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

BACA JUGA: 3 Besar Kandidat Capres 2024: Ganjar, Prabowo, Airlangga

"Temuan survei per April-Mei 2023 menemukan 33,2 persen publik masih konsisten menjatuhkan pilihannya kepada Prabowo," ucap Igor sebagaimana siaran pers diterima di Jakarta.

Di posisi kedua masih ditempati Gubernur Jateng yang juga Capres PDIP Ganjar Pranowo dengan perolehan 17,0 persen, sedangkan Capres Koalisi Perubahan Anies konsisten di posisi tiga dengan 16,6 persen.

BACA JUGA: Uni Irma Beri Jempol untuk Jokowi, Kritik Pedas bagi Arinal Djunaidi, Jleb!

Igor menjelaskan trend dukungan kepada Prabowo tetap bertambah sementara Ganjar mengalami degradasi dukungan. Hal serupa juga dialami Anies.

Sementara Erick Thohir dan Ridwan Kamil bertarung di posisi ke empat dan lima besar. Lalu, 12,5 persen responden manyatakan belum punya pilihan.

BACA JUGA: Beberapa Kader PAN Menghadiri Deklarasi Relawan Anies, Ada Apa nih?

Dari survei SPIN, ada sejumlah faktor pendongkrak elektabilitas Prabowo, antara lain kinerja ketua umum Gerindra itu sebagai menteri yang minim pencitraan.

"Kinerja Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan pada Kabinet Indonesia Maju mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat," ucap Igor.

Data Global Firepower Index bahkan menyebut bahwa kekuatan militer Indonesia di masa Menhan Prabowo berada di peringkat ke-15 dari 140 negara di dunia pada 2022 dan terkuat di ASEAN.

Igor menyebut kinerja yang baik dari Menhan RI tersebut memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempertahankan sentimen positif terhadap pencapaian pemerintahan Jokowi sekarang ini.

Kemudian, endorsement Presiden Jokowi baik secara terbuka dan konkret dan melalui musyawarah relawan, Musra.

"Dukungan Prabowo sebagai capres 2024 yang paling diminati publik juga muncul dalam berbagai Musra yang diprakarsai oleh gabungan relawan Jokowi," tuturnya.

Selain itu, Prabowo dianggap sosok yang dekat dengan rakyat. Pernah menjabat ketua umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), HKTI, dan IPSI.

Menurut Igor, gaya komunikasi politik Prabowo juga dianggap lebih menyentuh kalangan bawah masyarakat, serta merakyat.

"Bisa jadi ini adalah efek seringnya Presiden Jokowi mengajak Menhan Prabowo untuk bersafari mengunjungi berbagai daerah," ucapnya.

Igor mengatakan kondisi berbeda dialami Ganjar yang masih mengalami penurunan elektabilitas setelah PDIP mendeklarasikannya menjadi capres pada Pilpres 2024.

"Begitu juga dengan Anies yang relatif stagnan. Salah satu sebab penurunan elektabilitas Ganjar adalah soal penolakan kepesertaan tim Israel di Piala Dunia U-20," ujar Igor.

Sementara elektabilitas Anies menurun diduga karena ketidakmampuannya mendeliver ide dan gagasannya setelah tidak menjabat gubernur DKI Jakarta.

"Beberapa kesan terhadapnya juga dianggap sebagai sosok yang ingkar janji terhadap Prabowo yang telah mencalonkan dan mendukungnya secara penuh sebagai Cagub DKI Jakarta 2017 lalu," kata Igor.

Survei SPIN diadakan pada 27 April-4 Mei 2023 dengan 1230 responden dari 34 provinsi, dengan teknik sampel Random Digit Dialing (RDD) menggunakan simple random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,8 persen.(fat/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... JK Komentari Jokowi Tak Undang NasDem, Hasto PDIP Ungkit Kelakuan Presiden Sebelumnya


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler