Mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak bisa menjadi sebuah tantangan tapi itu sangat mungkin dilakukan. Ada banyak cara anda dapat meningkatkan kemampuan membaca, mendengarkan dan berbicara anda – meskipun tidak ada orang yang secara fisik hadir disekitar anda untuk membantu anda berlatih.

Virginia Lang, seorang guru Bahasa Inggris di Australia, berbagi tips untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anda secara otodidak:

BACA JUGA: Tips Mencegah Risiko Kanker Usus Besar

1. Letakan label di sekitar rumah anda
Apakah itu tata Bahasa (grammar) atau kosakata (vocabulary), mengingat-ingat merupakan bagian dari mempelajari Bahasa Inggris.  Mengingat dapat menjadi hal yang sulit dan membosankan, sehingga Virginia Lang memiliki sejumlah solusi kreatif bagi para siswa.

Ambil kertas 'post-it', dan beri label segala sesuatu di rumah anda. Setiap kali kamu mengasosiasikan objek itu dengan kata-kata tersebut, lebih besar kemungkinan anda untuk dapat mengingatnya,”
Bahasa Inggris memiliki sejumlah aturan tata bahasa, yang mana para siswa sering kali sulit untuk mengingatnya.

BACA JUGA: Setelah 69 Tahun, Pabrik Mobil Holden Australia Akan Ditutup

"Anda dapat menempatkan label-label itu ditempat anda kemungkinan akan menghabiskan banyak waktu – kemungkinan di kamar mandi atau di ruang tidur- dimana anda dapat mengingatkam diri anda sendiri mengenai aturan-aturan dalam tata Bahasa itu,” kata Virginia.

Itu adalah satu hal untuk mempelajari Bahasa Inggris, itu adalah hal lain untuk menjaga tetap mengingat aturan itu.”

BACA JUGA: Serunya Berselancar Menembus Awan di Langit Australia

2. Mulai membuat blog
Memulai sebuah blog atau sebuah jurnal dapat menjadi cara yang sederhana (dan gratis) untuk mengembangkan kemampuan menulis anda.

"Mulai dengan langkah kecil. Mungkin memulainya dengan beberapa foto dan sebuah keterangan foto/caption.”
Begitu anda mulai nyaman dengan tugas menulis yang kecil, seperti sebuah keterangan foto, anda dapat berpindah ke kalimat-kalimat dan kemudian diharapkan menjadi beberapa paragraph.

Virginia juga menyarankan anda mencari cara untuk mengoreksi atau mengedit tulisan Anda: "Anda bisa menggunakan spellcheck, Anda dapat memeriksanya sendiri, Anda bisa mendapatkan penutur bahasa Inggris lainnya untuk membantu Anda.”


Anda dapat memulai sebuah blog anda sendiri dan meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris anda pada saat yang bersamaan.
Unsplash CC: Rayi Christian Wicaksono

3. Ubah pengaturan ponsel anda
Kita semua menggunakan ponsel dan perangkat lainnya (seperti laptop atau komputer) beberapa kali dalam sehari.

Virginia menyarankan siswa untuk mengubah pengaturan Bahasa utama pada perangkat dan aplikasi mereka ke bahasa Inggris.

"Ini memaksa Anda untuk berpikir dalam bahasa Inggris setiap saat."
"Ini akan membantu Anda untuk memperbaiki kemampuan anda lebih cepat," papar Virginia.


Apakah anda masih bisa menggunakan app di ponsel anda jika seluruhnya menggunakan bahasa Inggris?
Unsplash CC: Rawpixel

4. Membaca hal yang menarik
Membaca adalah sebuah keterampilan penting dan itu juga membantu kemampuan menulis. Untuk mempertahankan pembelajaran Anda, Virginia merekomendasikan untuk menghubungkan bacaan dengan hasrat Anda.

"Baca sesuatu yang Anda minati. Jika Anda menyukai olahraga, bacalah majalah olahraga."
Saat Anda membaca, lakukan secara aktif dan pertimbangkan alat yang bisa Anda gunakan saat membaca.

"Beri garis berwarna atau Highlighter sangat bagus untuk menyoroti kata-kata baru yang tidak Anda ketahui. Miliki kamus online yang bagus atau dapatkan kamus kertas yang bagus saat Anda membaca, jadi Anda bisa memeriksa definisi dan memasukkannya ke memori juga," saran Virginia.


Bacalah artikel dan majalah dalam Bahasa Inggris mengenai topik yang menarik bagi anda.
Unsplash CC: Blair Fraser

5. Menulis kesimpulan
Mendengarkan podcasts dan menonton video dan televisi dalam bahasa Inggris adalah cara yang bermanfaat untuk memperbaiki bahasa Inggris Anda sendiri. Virginia merekomendasikan untuk memperluas pembelajaran Anda dengan menuliskan atau mengatakan dengan keras kesimpulan dari apa yang telah Anda dengar atau tonton.

"Meringkas apa yang Anda pelajari adalah keterampilan yang hebat. Ini adalah hal yang sulit dilakukan juga."

Jika anda sudah menonton video dan mendengarkan audio, mengapa tidak mencoba untuk merangkum informasi yang baru saja anda dapatkan dari kegiatan itu?
Unsplash CC: Muhammad Raufan Yusup
Learn English Hacks adalah serial siaran langsung di Facebook yang menampilkan guru-guru di Australia dimana mereka akan mengupas tantangan yang dihadapi mereka yang belajar Bahasa Inggris dan bagaimana menyikapinya. untuk informasi selengkapnya, kunjungi Learn English Facebook page.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kelompok Neo Nazi Menyasar Mahasiswa Asing di Australia

Berita Terkait