Empat Daerah Raih IGA Award 2012

Sabtu, 08 Desember 2012 – 07:27 WIB
JAKARTA- Dari evaluasi yang dilakukan terhadap 108 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, empat daerah akhirnya terpilih sebagai peraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2012 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan tertinggi untuk kategori daya saing, diraih Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sementara Kabupaten Ponorogo, Jawa Tengah, meraih penghargaan Tata Kelola Pemerintahan.

Kota Banda Aceh meraih penghargaan kategori Pemberdayaan Masyarakat dan Kota Tengerang, Banten, dianugerahi penghargaan IGA Award 2012 atas pretasinya dalam pelayanan publik.

Menurut Sekretaris Jenderal Kemendagri (Sekjen) Diah Anggraeni, penghargaan diberikan setelah melewati proses penilaian dari tim independen yang dilakukan dengan begitu ketat.

“Pada tahap awal, tim independen melakukan seleksi terhadap 108 pemerintah daerah yang mengikuti program inovasi. Kemudian disaring menjadi 30 Pemda. Tahap selanjutnya dipilih 12 daerah sebagai nominator,” ujarnya di sela-sela penyerahan penghargaan di Jakarta, Jumat (7/12).

Diah menjelaskan, penghargaan IGA Award dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap daerah yang berhasil melakukan inovasi. Untuk itu ia berharap pemenang IGA Award nantinya, bisa menginspirasi daerah lain untuk lebih inovatif dalam melakukan tugas-tugas pelayanan yang ada.

Selain terhadap ke empat daerah, Kemendagri juga memberi penghargaan kepada 8 nominator unggulan lainnya. Yaitu Kabupaten Lampung Barat, Sleman, Bojonegoro, Pamekasan, Sumbawa Barat, Balangan, Bantaeng, dan Kota Mataram.

Usai menerima penghargaan, Bupati Sumedang, Don Murdono, mengatakan, banyak daerah tidak melakukan terobosan, karena kepala daerah khawatir menyalahi aturan. Namun ia mengaku tidak khawatir, karena memastikan dalam setiap kebijakan maupun inovasi yang dihadirkan, selalu berpegang teguh pada perundang-undangan yang ada.(gir/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tokoh Agama Harus Steril Dari Politik

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler