Enam Kalapas di Jambi Resmi Dicopot

Rabu, 04 Oktober 2017 – 03:15 WIB
Suasana pelantikan enam kalapas di Jambi, kemarin. Foto: jambiekspres/jpg

jpnn.com, JAMBI - Kanwil Kemenkumhan Jambi melakukan penyegaran di jajaran internalnya.

Sedikitnya enam Kepala Lembaga Permasyarakatan (LP) di Jambi diganti Kementerian Hukum dan Ham.

BACA JUGA: Air Sungai Mendadak Meluap, Pencari Ikan Hilang Terbawa Arus

Ini berdasarkan SK Kementerian dengan W.5.KP.03.03-38, 26 September 2017.

Dalam SK itu juga diganti sembilan pejabat setingkat eselon IV di Kanwil Kemenkumham Jambi.

BACA JUGA: Belum Bisa Move On, Pemuda Ini Gebukin Cowok Mantan Pacarnya

Kakanwil Kemenkumhan Jambi, Bambang Palasara mengatakan, pergantian ini merupakan penyegaran yang dilakukan Kementerian.

Ketika ditanyakan apakah karena kericuhan yang terjadi di Lapas Klas II A Jambi?, Dia enggan berkomentar. Dia hanya menyebutkan bahwa, di Kemenkumham tidak ada orang menjabatan lewat dari 2 tahun. Sedangkan di jambi sudah ada yang 4 tahun maka dilakukan pergantian.

BACA JUGA: Geger, Pria Penuh Luka Tusukan Ditemukan di Semak-semak

“Ngak ada kaitanya, ini penyegaran agar tidak ada kejenuhan,” katanya.

Dia mencontohkan Lapsa Kelas II B Kuala Tungkal telah dijabat kepala lapas sebelumnya selama 4 tahun lebih. Oleh karena itu dilakukan pergantian kepemimpinan. Selain itu salah satu Kepala lapas diduga terlibat kasu korupsi pembangunan.

Dalam hal ini, Bambang menekankan agar para Kalapas yang baru dapat memimpin dengan baik. Menurutnya, lebih mudah mengatur narapidana dibandingkan petugas lapas. Selain itu, dia juga menekankan agar para Kalapas mengigatkan UU 53 di daerah dia ditempatkan tentang kedisiplinan pegawai.

Kemudian terkait, beberapa kali disinyalir adanya peredaran narkoba di Lapas yang ada di jambi. Bambang mengungkapkan membuka ruang untuk aparat yang berwajib melakukan pemeriksaan. Sedangkan untuk peredaran handphone dilapas Bambang tidak membantah hal tersebut.

“Disemua lapas itu terjadi,”ungkapnya.

Dengan rotasi, kepala Lapas diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dan ke depan lapas yang ada di Jambi akan semakin tentram.

Pada rotasi Jabatan kali ini, Lapas kelas II A Jambi kini dipimpin mantan Kepala Lapas Narkoba Pematang Siantar yakni Yusran Sa’ad.

Kemudian Kalapas Kelas IIB Muaro Bungo dijabat Rahnianto ia sebelumnya Kalapas Kelas IIB Ampana.

Lapas Kelas II B Kuala Tungkal diisi Imam siswoyo sebelumnya dia memgang jabatan Kepala Rutan kelas IIB Sambas.

Kemudian Kalapas Kelas IIB Bangko diisi oleh Kodir, sebelumnya menjabat sebagai kepala bidang administrasi keamanan dan tata tertib pada lembaga pemasyarakatan Kelas IA Batu Nusakambangan.

Untuk lapas Kelas II B Muaro Tebo ditempatkan Ahmad Hardi, yang sebelumnya bertugas di Lapas Terbuka Kelas IIB Nusakambangan.

Kepala Balai Permasrakatan kelas II B Bungo kini dijabat oleh Farid Wajdi dulu menjabat Kepala Balai Permasyarakat kelas II Lahat. (nur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Diming-imingi Duit, Mahasiswa Antar 2 Kg Sabu ke Jambi


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler