Enam Makanan ini Bisa Cegah Proses Penuaan

Kamis, 27 Oktober 2016 – 01:46 WIB
Ilustrasi. Foto WeCare

jpnn.com - PENUAAN adalah proses alami yang tak bisa dihindari oleh siapapun, tapi Anda bisa memperlambatnya melalui diet dengan gizi seimbang dan berolahraga.

Lantas makanan apa saja yang dipercaya mampu memperlambat proses penuaan tersebut?

BACA JUGA: Kuliner Sekaligus Bisnis

Berikut beberapa makanan anti penuaan yang paling populer, seperti dilansir laman Today, Senin (24/10).

1. Kubis brussel.

BACA JUGA: Konsumsi Ini Bisa Cegah Infeksi Saluran Kemih

Sayuran seperti kubis brussel merupakan sayuran kaya akan antioksidan dan nutrisi tertentu. Bahkan kubis brussel bisa mengurangi risiko kanker bila dikonsumsi secara teratur.

Sayuran lain dalam kelompok ini antara lain brokoli, kembang kol, kale dan kubis. Mereka kaya akan serat, antioksidan, vitamin dan mineral.

BACA JUGA: Lima Buah ini Bisa Membakar Lemak Lebih Cepat

2. Salmon.

Ikan berlemak seperti salmon dikenal kaya akan protein untuk membangun otot dan lemak omega-3 yang mendukung kesehatan jantung, sistem saraf serta kulit bercahaya dan rambut sehat.

Jika tidak menyukai salmon, Anda bisa mengonsumsi ikan yang kaya minyak lainnya seperti ikan biru, sarden, kerang, ikan herring, trout atau halibut. Mereka juga ikan yang rendah merkuri.

3. Almond.

Kacang-kacangan merupakan protein non-hewani yang sangat baik dan kaya akan lemak sehat, magnesium dan seng. Kenari dan kacang pistachio juga pilihan baik lainnya.

4. Yogurt.

Kaya akan kalsium, protein dan vitamin D, yogurt plain rendah lemak mendukung tulang yang kuat, membantu pemeliharaan otot dan pencernaan serta mengandung probiotik.

Probiotik adalah mikroorganisme yang sehat dan bakteri yang mendukung fungsi pencernaan sehat dengan membantu menyeimbangkan lingkungan mikro usus.

5. Quinoa.

Quinoa juga meningkatkan asupan serat, kalsium dan zat besi. Quinoa juga bebas gluten. Pilihan yang kaya protein lainnya atau serat termasuk gandum, kacang polong dan kacang hitam.

6. Teh hijau.

Ya, teh hijau adalah minuman, bukan makanan. Tapi teh hijau adalah minuman kaya antioksidan dan flavonol, yang baik untuk jantung dan kesehatan peredaran darah.(fny/chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Konser Full Symphony Orchesta Siap Guncang Surabaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler