Konsumsi Ini Bisa Cegah Infeksi Saluran Kemih

Rabu, 26 Oktober 2016 – 22:25 WIB

jpnn.com - Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan penyakit infeksi akibat bakteri. Banyak jenis bakteri yang bisa menyebabkan ISK. Yang utama adalah bakteri Escherchia coli (E. coli) yang banyak terdapat pada tinja manusia dan biasa hidup di kolon. Bakteri ini bisa menyebabkan ISK jika pembersihannya salah.

Jika Anda rentan terhadap infeksi saluran kemih, Anda mungkin akan melakukan apa saja untuk mencegah ISK. Apakah suplemen makanan menjadi kunci untuk menjaga Anda bebas dari infeksi ISK?

BACA JUGA: Lima Buah ini Bisa Membakar Lemak Lebih Cepat

"Mungkin. Kebanyakan orang yang mendapatkan UTI jarang mengonsumsi suplemen setiap hari untuk mencegah infeksi lain," kata profesor keluarga dan kedokteran geriatrik di University of Louisville School of Medicine, Dr. Charles M. Kodner, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (23/10).

Tetapi jika masalah UTI Anda adalah kronis, menggunakan suplemen mungkin menjadi ukuran proaktif cerdas.

BACA JUGA: Konser Full Symphony Orchesta Siap Guncang Surabaya

Berikut ini adalah suplemen yang bisa mencegah ISK.

1. Ekstrak cranberry

BACA JUGA: Ketahui Penyebab Wanita Mengalami Kenaikan Berat Badan Secara Tiba-tiba

Cranberry memiliki bahan yang disebut A-Proantosianidin (PAC) yang bekerja seperti lapisan teflon dalam kandung kemih Anda untuk menjaga bakteri menginfeksi aliran darah Anda.

"Ini membuat lebih sulit bagi bakteri untuk menempel ke kandung kemih," kata Kodner.

Cranberry umumnya aman untuk dicoba, tetapi banyak orang-orang mengatakan bahwa cranberry mengganggu perut mereka dan terlalu banyak cranberry menyebabkan batu ginjal, jadi pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

2. D-manosa

Sebuah gula alami yang berhubungan dengan glukosa, D-mannosa ditemukan dalam buah-buahan tertentu dan bahkan di beberapa sel dalam tubuh Anda. Sebagai suplemen, ia datang dalam bentuk bubuk atau kapsul.

Sama seperti cranberry, D-mannosa bisa menjaga bakteri menginfeksi aliran darah Anda.

"D-manosa telah dipelajari pada pasien dengan kandung kemih neurogenik yang berarti kandung kemih tidak berkontraksi atau kosong biasanya karena beberapa kondisi neurologis," kata Kodner.

Dan ketika urine tidak mengalir dengan benar, Anda lebih mungkin untuk mendapatkan UTI secara berulang.

Dosis harian yang khas dari D-manosa adalah 2 gram yang dilarutkan dalam 200 ml air, tetapi konsultasi dengan dokter Anda untuk melihat berapa banyak jumlah yang tepat untuk Anda. Beberapa orang mengalami diare sebagai efek samping.

3. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus Anda dan diyakini bisa menjaga bakteri buruk (seperti jenis yang bisa menyebabkan ISK).

Anda bisa makan lebih banyak makanan seperti yoghurt, sauerkraut, tempe dan kefir atau Anda bisa membeli kapsul probiotik.

"Jika Anda akan mencoba sesuatu, Anda harus mengomsumsinya setiap hari untuk setidaknya beberapa bulan untuk melihat apakah itu benar-benar membantu," pungkas Kodner.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kesalahan Penanganan Korban Gigitan Ular Berbisa


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler