Enam Makanan yang Dipercaya Memperpanjang Usia

Rabu, 16 Januari 2019 – 20:52 WIB
Makanan sehat. (Foto: Ist/jpnn)

jpnn.com - Kata orang, umur siapa yang tahu. Manusia memang tidak memiliki kendali penuh atas seberapa lama kita hidup di dunia. Tetapi, ada sejumlah cara yang bisa diusahakan manusia supaya bisa hidup dengan umur panjang.

Salah satu caranya yang termudah adalah mengatur menu makan. Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pola makan sehat sangat berperan penting untuk menentukan seberapa lama Anda hidup dan apakah Anda hidup sehat atau “ditemani” sejumlah penyakit yang memperpendek usia.

BACA JUGA: Artika Sari Devi Tambah Porsi Sayur dan Buah

Ingin makan enak untuk umur panjang dan hidup sehat? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Prevention, Selasa (15/1).

1. Fatty fish

BACA JUGA: 10 Makanan Fermentasi Baik untuk Kesehatan Usus Anda

Kita selalu menganggap ikan sebagai makanan otak dan untuk alasan yang bagus. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam ikan yang disebut karotenoid bisa melindungi terhadap penyakit neurologis.

Plus, sebuah studi baru yang diterbitkan di The BMJ menemukan bahwa omega-3 yang terkandung dalam ikan berlemak — seperti salmon, tuna dan sarden — bisa membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih panjang dan lebih sehat.

BACA JUGA: Ajari Siswa Pilah Makanan Sehat

Setelah menganalisis data dari lebih dari 2.600 orang dewasa Amerika dengan usia rata-rata 74 tahun, peneliti dari Tufts University menemukan orang dengan tingkat omega-3 yang lebih tinggi dalam darah mereka (artinya mereka makan setidaknya dua porsi ikan per minggu) memiliki 18 persen lebih rendah risiko penuaan yang tidak sehat.

Itu berarti mereka kurang cenderung menderita penyakit kronis (seperti penyakit jantung dan kanker), mengalami penurunan kognitif atau keterbatasan fisik atau memiliki masalah menjalani kehidupan sehari-hari mereka.

2. Kacang

Kudapan favorit Anda ini bisa menambah usia hidup. Dua penelitian besar dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa semakin sering Anda makan kacang, maka akan semakin rendah risiko Anda mati muda.

Bahkan, orang yang makan kacang setiap hari memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil untuk meninggal akibat kanker, penyakit jantung dan penyakit pernapasan daripada mereka yang tidak.

Mengapa? Kacang-kacangan penuh nutrisi yang melindungi jantung Anda dan melawan peradangan, seperti lemak tak jenuh, serat, folat, vitamin E, kalium, magnesium, kalsium dan antioksidan seperti karotenoid dan flavonoid.

3. Biji-bijian utuh

Beberapa penelitian telah menghubungkan roti gandum utuh, pasta dan banyak lagi dengan umur yang lebih panjang.

Menurut satu studi dalam JAMA Internal Medicine, setiap tambahan 1-ons porsi biji-bijian yang dimakan, berkaitan dengan risiko kematian lebih rendah secara keseluruhan sebesar 5 persen dan risiko kematian 9 persen lebih rendah akibat masalah jantung.

Para peneliti percaya bahwa ini bisa disebabkan oleh nutrisi yang ditemukan di biji-bijian utuh, seperti serat, vitamin B, vitamin E, magnesium dan phytochemical.

4. Cabai

Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan pedas membuat Anda sehat lebih lama.

Satu penelitian terhadap lebih dari 450.000 pria dan wanita Tiongkok menemukan bahwa mereka yang makan makanan pedas 6 atau 7 hari dalam seminggu memiliki risiko kematian 14 persen lebih rendah daripada mereka yang makan makanan pedas hanya sekali atau kurang selama seminggu.

Itu karena capsaicin — senyawa yang memberi cabai rasa pedas mereka — bertindak sebagai antioksidan, melawan peradangan, bisa meningkatkan gula darah dan bisa berperan dalam memerangi obesitas dan kanker.

6. Rumput laut

Penelitian menunjukkan bahwa fucoidan, senyawa alami pada rumput laut coklat, mungkin memiliki efek melawan kanker. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Mengandung Kadar Gula Tinggi


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler