Energi Tubuh Turun Drastis, Coba Tingkatkan dengan Mengonsumsi 5 Suplemen Ini

Rabu, 19 April 2023 – 02:10 WIB
Ilustrasi ginseng. Foto: Urbol

jpnn.com, JAKARTA - PEKERJAAN yang menumpuk, dan stres berlebihan tak jarang bisa membuat tubuh Anda mengalami kelelahan.

Tubuh yang lelah ini diakibatkan karena menurunnya energi Anda. Kopi memang bisa meningkatkan energi tubuh dengan cepat.

BACA JUGA: 3 Suplemen Ini Ampuh Meningkatkan Stamina yang Menurun Drastis

Jika Anda terus-menerus bergantung pada stimulan seperti kafein, nikotin, dan alkohol untuk membantu kamu melewati hari, Anda hanya menghancurkan tubuh Anda dalam prosesnya.

Sebaliknya, mundur selangkah untuk melihat lebih dalam.

BACA JUGA: Indonesia Tagih Janji Jepang Membantu Transisi Energi

Kurangnya energi yang Anda rasakan secara teratur mungkin karena nutrisi yang tidak mencukupi atau pola makan yang buruk.

Berikut adalah suplemen alami yang dapat memberi Anda dorongan yang Anda cari, seperti dikutip laman Curejoy.com.

BACA JUGA: Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Mengonsumsi 6 Obat dan Suplemen Ini

1. Ashwagandha

Ashwagandha juga dikenal sebagai ginseng India. Telah digunakan dalam Ayurveda selama ribuan tahun untuk mengelola fungsi adrenal dan tingkat energi.

Dalam keadaan stres kronis, kelelahan, atau terlalu banyak bekerja, kelenjar adrenal Anda mungkin tidak berfungsi secara optimal.

Hal ini menyebabkan kelelahan adrenal, masalah hormonal dan endokrin, stres atau kemurungan tambahan, dan energi rendah.

Dalam kasus seperti itu, ashwagandha bisa membantu mendukung kelenjar adrenal dan menyeimbangkan kadar kortisol.

2. Vitamin B12

B12 adalah vitamin yang larut dalam air yang memiliki peran kunci dalam fungsi normal otak dan sistem saraf.

Itu terlibat dalam metabolisme setiap sel tubuh manusia, terutama memengaruhi sintesis DNA, asam lemak, dan metabolisme asam amino.

Ini akan memberi Anda gambaran yang adil tentang betapa pentingnya bagi tubuh Anda.

Kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem saraf dan beberapa tanda awal defisiensi adalah kelelahan kronis, kemurungan, dan bahkan sifat seperti demensia.

Tubuh tidak bisa memproduksi B12 sendiri dan sumber makanan mungkin tidak cukup karena tingkat penyerapan yang rendah pada beberapa orang.

Sumber makanan terbaik B12 adalah kerang, tiram, kerang, daging merah, telur, biji-bijian sereal yang diperkaya, dan ragi nutrisi.

Jika Anda kekurangan B12, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengonsumsi suplemen.

3. Ginseng

Ginseng adalah suplemen penambah energi yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Dikatakan untuk mengurangi stres dan kecemasan, menghilangkan kelelahan kronis dan memberikan dukungan energi yang meningkat.

Meskipun ginseng Amerika dan Asia memiliki potensi yang sama, kualitas ginseng bisa bervariasi secara drastis.

Jadi, pastikan Anda mendapatkan ginseng dari sumber yang memiliki reputasi baik.

Namun, ginseng bisa memiliki efek samping sehingga Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Efek samping yang paling umum adalah insomnia.

4. Yodium

Yodium sangat penting untuk sintesis hormon tiroid pengatur pertumbuhan tiroksin dan triiodothyronine serta fungsi kognitif.

Anda mungkin kekurangan yodium jika memiliki gejala seperti kesulitan menurunkan berat badan, tangan dan kaki selalu dingin, rambut rapuh atau botak, sembelit, depresi, dan tingkat energi yang rendah.

Sumber alami yodium diet termasuk makanan laut, seperti ikan, rumput laut (seperti rumput laut) dan kerang, produk susu, dan telur.

5. Melatonin

Jika Anda merasa lelah karena kurang tidur, bisa jadi karena kekurangan melatonin.

Ini adalah hormon yang sangat sensitif terhadap cahaya yang diproduksi oleh kelenjar pineal dan mengatur tidur dan terjaga.

Melatonin dan metabolitnya juga melindungi Anda dari stres oksidatif dengan mengais spesies oksigen reaktif yang dihasilkan selama paparan radiasi.
(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
suplemen   melatonin   yodium   energi  

Terpopuler