ENSIA 2024: Billy Mambrasar Paparkan Komitmen Prabowo Capai Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Selasa, 30 Juli 2024 – 19:42 WIB
Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi Pendidikan dan Daerah Terluar Billy Mambrasar memaparkan target SDGs Indonesia dan komitmen presiden terpilih Prabowo Subianto dalam acara Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2024 di Bali International Convention Centre. Foto: dok sumber

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi Pendidikan dan Daerah Terluar Billy Mambrasar memaparkan target SDGs Indonesia dan komitmen presiden terpilih Prabowo Subianto untuk mencapainya dibersamai dengan target pertumbuhan ekonomi sebesar 8% per tahun.

Hal itu disampaikan oleh Duta Pembangunan Berkelanjutan Indonesia ini, saat menghadiri acara Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2024 di Bali International Convention Centre, yang dihadiri ratusan perwakilan perusahaan Indonesia dan pemerintah daerah.

BACA JUGA: INCCA Yakin Industri MICE dan Special Event Cerah di Bawah Pemerintahaan Prabowo

Dalam paparannya, Billy menyoroti ketimpangan Indeks Pembangunan Manusia (HDI) yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Sebagai contoh, HDI Jakarta mencapai 82,46, sementara Papua masih di angka 62,25. Menurutnya, ini akan menjadi hambatan cita-cita Indonesia menjadi negara maju, apabila tidak diselesaikan.

BACA JUGA: Utak-atik Makan Bergizi Gratis ala Prabowo-Gibran

Billy, yang sebelumnya juga merupakan juru bicara pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran, menyatakan bahwa perbaikan ketimpangan HDI ini adalah salah satu fokus utama yang akan diatasi oleh pemerintahan Prabowo-Gibran.

Mereka berkomitmen untuk menjadikan pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas utama, dan salah satunya adalah dengan program makan bergizi gratis.

BACA JUGA: Prabowo Effect Berpotensi Bawa Gerindra Menangkan 4 Pilgub di Papua

Billy meyakinkan para peserta konferensi bahwa fokus pada pengembangan SDM akan membantu Indonesia keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah.

Dia yakin bahwa fondasi pembangunan berbasis SDM akan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga mencapai target 8% per tahun sesuai visi dan misi Prabowo-Gibran.

Pemerintahan baru nanti berencana mencapai target ini melalui tiga strategi utama sebagai berikut:

Pertama, peningkatan kerjasama internasional, sebagaimana yang telah dilakukan presiden terpilih saat ini yang tengah bertemu dengan para pemimpin megara-negara lain untuk menjalin hubungan dengan Indonesia.

Kedua, mengakomodasi BUMN dan perusahaan lain di Indonesia l, dengan target agar mayoritas perusahaan Indonesia masuk dalam jajaran Top 500 Global Fortune.

Ketiga, pemberdayaan UMKM, yang dapat meningkatkan perputaran ekonomi di Indonesia, salah satunya melalui kerjasama Sucofindo dengan Containder, sebuah aplikasi milik anak-anak Indonesia, yang saat ini tengah melakukan proses digitalisasi pengelolaan sampah di berbagai kota di Indonesia.

Di akhir Paparannya, Billy meminta seluruh sektor swasta di Indonesia untuk mendukung pemerintah yang baru menjadikan Indonesia Emas.

“Saya berharap para peserta dari sektor swasta di sini dapat mendukung penuh rencana presiden terpilih Prabowo Subianto. Mulai dari peningkatan rasio pajak, reformasi birokrasi, hingga efisiensi subsidi, demi mencapai target pertumbuhan ekonomi 8% dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. We’ll get there, we’ll be there, we’ll be the most respected country in the world,” tutup Billy. (dil/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler