Erdogan Ucapkan Selamat kepada Presiden Aljazair yang Berhasil Pertahankan Kekuasaan

Senin, 09 September 2024 – 22:05 WIB
Recep Tayyip Erdogan. Foto: AFP

jpnn.com, ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu (8/9) menyampaikan selamat kepada Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune karena berhasil terpilih kembali dalam pemilihan presiden.

Melalui sambungan telepon, Presiden Erdogan mengemukakan pula bahwa hasil pemilu tersebut mencerminkan dukungan kuat rakyat Aljazair atas langkah-langkah yang diambil selama lima tahun terakhir.

BACA JUGA: Erdogan Menginjak-injak HAM di Turki, Parlemen AS Dorong Joe Biden Lakukan Intervensi

Dia menyatakan keyakinannya bahwa stabilitas dan kemakmuran Aljazair akan terus menguat pada periode baru.

Erdogan juga menekankan keyakinannya bahwa hubungan antara Turki dan Aljazair akan terus berkembang di semua bidang, dengan cara yang sesuai dengan hubungan persaudaraan antara kedua negara.

BACA JUGA: Erdogan Desak Israel Hentikan Serangan Tidak Manusiawi di Gaza

Presiden petahana Aljazair Tebboune memenangkan masa jabatan presiden lima tahun keduanya dalam pemilihan umum awal yang diselenggarakan pada Sabtu (7/9).

Dalam sebuah konferensi pers, kepala badan pemilihan umum Aljazair mengumumkan pada Minggu bahwa Tebboune menang dengan perolehan 94,65 persen suara.

BACA JUGA: Temui Presiden Erdogan, Menhan Prabowo Bahas Kerja Sama Pertahanan RI - Turki

Presiden Erdogan juga mengundang Tebboune untuk mengunjungi Turki. Dia memuji upaya Aljazair sebagai anggota sementara Dewan Keamanan PBB dalam mendukung perjuangan Palestina dan Erdogan juga menegaskan kembali dukungan Turki untuk upaya tersebut.

Erdogan menekankan bahwa kedua negara akan terus mengintensifkan upaya mereka untuk mengakhiri serangan Israel terhadap rakyat Palestina yang tertindas. (ant/dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler