ERHA Konsisten Bantu Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat Indonesia

Kamis, 13 Juni 2024 – 19:21 WIB
ERHA Ultimate bersama Dinas Kesehatan Kota Denpasar ikut membantu program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dalam acara Safari Kesehatan HUT Kota Denpasar yang ke-236 Tahun di Banjar Dajan Tangluk, Kota Denpasar. Foto: dok Erha

jpnn.com, JAKARTA - ERHA Ultimate bersama Dinas Kesehatan Kota Denpasar ikut membantu program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dalam acara Safari Kesehatan HUT Kota Denpasar yang ke-236 Tahun di Banjar Dajan Tangluk, Kota Denpasar.

Head of CSR Corp. Relations, Engagement & Culture Development Arya Noble Group (Induk Usaha ERHA) Oemar Saputra mengatakan kontribusi ERHA Ultimate dalam safari kesehatan ini memberikan pelayanan kesehatan umum kepada masyarakat Kota Denpasar. 

BACA JUGA: Langkah Preventif Kurangi Sampah Kemasan Kosmetik, Erha Buat Terobosan Baru

"Mulai dari layanan konsultasi dokter, pemeriksaan kolesterol total, pemeriksaan gula darah sewaktu dan pemeriksaan asam urat secara gratis untuk masyarakat yang tinggal di Kota Denpasar," ujar Oemar di Jakarta, Kamis (13/6).

Oemar menjelaskan pelayanan kesehatan itu merupakan kontribusi nyata ERHA untuk masyarakat.

BACA JUGA: Erha Ultimate Volunteer Dukung Pendidikan Anak Pemulung di Bantar Gebang

Kata Oemar, di mana pun klinik ERHA berdiri, harus ada kontribusi untuk masyarakat setempat.

"Hari ini, kami juga mengajak ERHA Volunteer yang terdiri dari dokter, perawat dan para pimpinan cabang untuk terjun langsung melayani masyarakat," jelas Oemar.

Menurut Oemar, sinergi berbagai pihak mulai dari dinas kesehatan, rumah sakit, Puskesmas, NGO dan lainnya akan membawa dampaik baik dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. 

"Pada 2024 ini kami menargetkan seluruh klinik ERHA dapat terjun langsung ke masayrakat untuk bersama-sama mendukung program promotive dan preventif serta sosialisasi program GERMAS dari Kementerian Kesehatan. Selain di Denpasar," kata Oemar.

ERHA juga melakukan operasi katarak kepada 247 pasien di Barito Kuala, Kalimantan Selatan. 

Operasi katarak ini merupakan satu program inisiasi dari 2016, dan telah berhasil mengoperasi lebih dari 6.000 mata di seluruh Indonesia.

Selain melakukan kegiatan mendukung program GERMAS KEMENKES-RI ERHA, di hari yang sama pada 12 Juni 2024 juga melakukan operasi katarak gratis di Barito Kuala, Kalimantan Selatan bersama dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh. 

Selama 2024 ini ERHA bersama dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia yang didukung oleh Perkumpulan Sosial Himpunan

Bersatu Teguh telah melakukan tiga kali operasi katarak di Parigi Moutong, Sulawesi sebanyak 228 Pasien, Waingapu, Sumba Timursebanyak 187 pasien, dan di Barito Kuala, Kalimantan Selatan sebanyak 247 pasien. 

Selain itu pada Ramadan 2024, ERHA bersama dengan Klinik Mata Saruni yang membawa campaign leave your cataract juga telah melakukan operasi kepada 40 pasien katarak di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Sebanyak 702 masyarakat Indonesia telah terbantu melihat kembali dengan adanya operasi katarak ini.

ERHA sendiri menargetkan tiap tahunnya dapat mengoperasi sebanyak 2.000 mata di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, SE.

Jaya Negara menargetkan seluruh masyarakat kota Denpasar mendapatkan layanan kesehatan dengan baik, khususnya masyarakat kelompok rentan seperti lansia, ibu dan anak serta masyarakat membutuhkan lainnya. 

“Kami dari Pemerintah Kota Denpasar, berupaya untuk terus melayani masyarakat, khususnya dalam mempermudah akses kesehatan," ucap Jaya Negara.

Dia menyebutkan adanya program safari kesehatan di banjar-banjar ini kan sangat memudahkan masyarakat. 

Kegiatan itu bukan hanya pemeriksaan kesehatan rutin saja, tetapi juga ada pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis oleh John Fawcett Foundation, Pelayanan Fisioterapi dari RSUD Wangaya Kota Denpasar, pelayanan kesehatan umum dari UPTD

Puskesmas II Kecamatan Denpasar Timur, Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut dari FKG Universitas Mahasaraswati Denpasar, Pemeriksaan Kolesterol, Asam Urat, Gula dan Konsultasi Dokter Gratis dari ERHA Ultimate Denpasar.

Deteksi Dini Balita dan THT dari Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali serta Pameran Produk Pencegahan Stunting dari Poltekkes Kemenkes Denpasar.

"Banyaknya pelayanan kesehatan yang dilakukan, kami harap masyarakat akan terbantu kualitas kesehatannya," ujar I.G.N Jaya Negara, SE.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Erha   kesehatan   Denpasar   Kemenkes   GERMAS  

Terpopuler