Erick Cawapres Unggulan Untuk Ganjar, Diyakini Mampu Bawa PDIP Hattrick di Pemilu

Sabtu, 08 Juli 2023 – 04:08 WIB
Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menjadi pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2024. Foto: ANTARA/HO-tim erick thohir

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyatakan duet Ganjar Pranowo Erick Thohir sangat potensial untuk diusung pada Pilpres 2024.

Dia menyebut dari berbagai hasil survei, duet kepala daerah dan menteri andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut memiliki elektabilitas yang kuat.

BACA JUGA: Kesuksesan Erick Thohir Memikat Masyarakat, Peluang Jadi Cawapres Makin Kuat

“Dari simulasi survei, duet Ganjar-Erick bagus secara pasangan meningkatkan elektabilitas,” ujar Adi dalam keterangan persnya, Jumat (7/7).

Seperti diungkapkan dari hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) hasil survei Ganjar-Erick menempati peringkat teratas dalam memperoleh dukungan masyarakat.

BACA JUGA: Riset Ipsos: Prabowo & Erick Raih Sentimen Positif Tertinggi di Kalangan Muda

Dalam survei itu, Erick mendapatkan dukungan sebesar 26,8 persen untuk menjadi pendamping Ganjar.

Angka tersebut mengungguli kandidat lainnya dalam survei yang gencar diberitakan untuk menjadi pendamping Ganjar.

BACA JUGA: Pertemuan Erick dan Ganjar, Hasto PDIP Merespons Begini

Kandidat lainnya ini adalah Menkopolhukam Mahfud MD, Menparekraf Sandiaga Uno dan Mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi.

Dalam angka, Mahfud MD hanya mendapatkan dukungan sebesar 13,5 persen, kemudian TGB 8,3 persen dan Sandiaga Uno 4,5 persen.

Tak hanya dari IPO, lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga mengungkapkan Erick menjadi pendamping potensial dari Ganjar.

Ketum PSSI itu terekam dalam hasil survei mendapatkan dukungan sebesar 19,4 persen untuk diusung menjadi cawapres dari Ganjar. Maka dari itu, Adi mengatakan duet Ganjar-Erick sangat potensial secara elektabilitas.

Dengan ini, duet Ganjar-Erick menurut Adi hanya tinggal menunggu keputusan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama ketum partai koalisi lain seperti PPP dan Perindo.

“Ini langkah tepat tentunya mengingat PDIP ingin hattrick di pemilu 2024.Tinggal dilihat apakah Erick direstui dan diterima Megawati dan ketum partai lain untuk bisa jadi pendamping Ganjar. Di situ kuncinya. Di persetujuan elite partai,” pungkas Adi. (cuy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengamat: Erick Thohir Kuasai Pemilih Muda Pada Pilpres 2024


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler