Erick Kader Banser Terbaik, Potensial Raih Restu NU untuk Cawapres

Jumat, 26 Mei 2023 – 17:25 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi Islam terbesar di tanah air diyakini bakal memberikan dukungannya kepada Erick Thohir dalam Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Zaki Mubarak menilai hal tersebut sangat memungkinkan bagi Erick.

BACA JUGA: Pemimpin Berintegritas, Erick Terus Lakukan Bersih-Bersih Perusahaan BUMN

“Elektabilitas Erick Thohir melejit setelah dia mendapatkan rekomendasi dari NU, dalam artian punya kartu NU,” ungkap Zaki dalam siaran persnya, Jumat (26/5).

Zaki menambahkan hal itu merupakan sebuah keuntungan yang besar bila Erick akan maju dalam kontestasi capres dan cawapres 2024 mendatang.

BACA JUGA: Menuju Pilpres 2024, Erick Thohir Muncul di Saat yang Tepat

“Diketahui memang punya kartu NU, jadi Anshor dan Banser serta NU sendiri secara eksplisit menyatakan bahwa nama Erick Thohir akan mereka dukung, sehingga ini menjadi modal yang besar,” kata dia.

Hal ini terlihat beberapa waktu yang lalu kala Erick Thohir hadir pada acara satu abad NU yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada Februari lalu.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Tantang Argentina, Ini Target Erick Thohir

Selain menghadiri acara momentum satu abad NU, Erick juga dipercaya sebagai anggota pengarah di acara tersebut.

“Usia satu abad sudah dilewati, namun akar dan fondasi yang dibangun para pendahulu NU tetap kokoh menopang pembangunan bangsa,” ungkap Erick melalui akunnya di Instagram, beberapa waktu yang lalu.

Jejak kontribusi Erick Thohir kepada NU banyak menyasar pesantren, santri dan ulama. Sehingga kiprah kontribusinya terhadap syiar Islam NU sudah tak diragukan lagi.

Di lingkup nahdiyin, Erick Thohir gencar merealisasikan program Santri Magang di BUMN, Santripreneur, Pesantrenpreneur, Pertashop khusus Pesantren, Beasiswa Santri dan TJSL BUMN.

Di samping itu Erick Thohir juga berstatus sebagai Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mengencarkan program untuk ekonomi syariah inklusif.

Erick berhasil menegaskan eksistensi ekonomi syariah dengan mendirikan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang merupakan merger dari bank-bank syariah milik BUMN.

Bersamaan dengan itu, Erick Thohir juga mengembangkan industri halal Indonesia dengan mengekspor kopi ke Oman dan Mesir, begitu juga dengan rempah yang diekspor ke Ghana.

Tidak hanya itu, Erick Thohir juga didaulat sebagai salah satu Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia bersama Presiden Jokowi oleh The Royal Islamic Strategic Studies. (cuy/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Indonesia vs Argentina, Erick Thohir Blak-blakan Ungkap Motif Pilih Negara Peringkat 1 FIFA


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler