Erick Thohir Berkomitmen Benahi 22 Stadion Termasuk JIS Menjelang Piala Dunia U-17

Selasa, 04 Juli 2023 – 16:47 WIB
Stadion Jakarta International Stadium (JIS) akan diusulkan ke FIFA menjadi salah menjadi satu venue Piala Dunia U-17 2023. Foto/dok: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) akan diusulkan ke FIFA sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17 2023.

Pernyataan itu disampaikan Erick saat meninjau JIS bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Selasa (4/7/2023) pagi.

BACA JUGA: Football Institute: PSSI Harus Tanggung Jawab, 49 Persen Wasit Tak Layak Kok Dipakai?

Menurut Erick, pembenahan stadion merupakan bagian dari blueprint transformasi sepak bola Indonesia.

Dia menyebut terdapat 22 stadion yang akan direnovasi dan salah satunya adalah JIS.

BACA JUGA: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Menpora Dito Ajak PSSI Berkolaborasi

Oleh karena itu, PSSI bersama Kementerian PUPR dan Pj Gubernur DKI ini melakukan peninjauan guna melihat apa saja yang perlu diperbaiki untuk nantinya bisa dipakai sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17 2023.

Sekjen Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI) Richard Achmad Supriyanto berharap renovasi Jakarta International Stadium (JIS) tidak menjadi polemik yang berkepanjangan.

BACA JUGA: Soal Stadion Piala Dunia U-17 2023, Waketum PSSI Bilang Begini

Richard mendukung upaya Erick Thohir dan pemerintah dalam membenahi aset potensial berupa stadion yang ada di Indonesia sebagai langkah untuk memajukan sepak bola nasional dan menjaga nama besar Indonesia di kancah global.

“Kami menggaris bawahi bahwa stadion mana pun tidak terkecuali JIS adalah untuk Piala Dunia U-17 tentunya untuk nama besar bangsa Indonesia di mata dunia. Poinnya itu,” ujar Richard, Selasa (4/7/2023).

Menurut Richard, renovasi atau perbaikan stadion-stadion oleh PSSI bagian dari komitmen blue print transformasi sepakbola Indonesia yang mendapat sambutan baik dari FIFA.

Untuk itu, Richard menyakini upaya baik PSSI dan pemerintah tersebut demi untuk kepentingan nasional bukan karena faktor dorongan politik.

Oleh karena itu, kata Richard, layak atau tidaknya sebuah stadion digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17 baik bagi Timnas Indonesia dan timnas negara lainnya sudah ada pihak berwenang yang memiliki otoritas menentukan, yakni FIFA.

“Saya kira bahwa semua aset daerah tentunya dibangun untuk kepentingan nasional, jadi terkait soal keberadaan JIS, saya kira tidak ada hubungannya dengan kandida (politik), tetapi bahwa stadion-stadion itu dibangun tentunya untuk sepak bola Indonesia untuk kemajuannya, sudah ada FIFA yang menentukan,” papar Richard.

Richard yang juga mantan Ketua Umum The Jakmania itu meminta para politisi agar rencana perbaikan sarana dan prasarana dalam persiapan menyambut Piala Dunia U-17 sekaligus untuk mendukung kemajuan olahraga tidak disangkutpautkan dengan politik.

“Jadi, jangan juga saya kira politisi di Senayan ataupun politisi di Kebon Sirih jangan dikait-kaitkan soal pergelaran Pilpres atau Pileg 2024. Yang pasti kita ini untuk olahraga demi persiapan Piala Dunia. Itu yang perlu digarisbawahi,” tegas Richard.

Lebih lanjut, Richard mengatakan terkait polemik renovasi JIS yang ramai menuai pro dan kontra, ia menyarankan untuk diaudit secara terbuka, mengajak para pihak bersama FIFA untuk mengecek langsung mana yang prioritas untuk diperbaiki agar tidak menjadi polemik lagi di masyarakat.

“Saya kira supaya tidak menjadi polemik terkait soal mana yang benar seharusnya semua bareng mengecek kira-kira mana titik sentral dan memang prioritas untuk diperbaiki,” ucapnya.

“Kalau memang ini (JIS) akan dipakai, dari pemerintah ada PSSI, ada Kemenpora, ada PUPR, Pj gubernur dari Pemprov kita mengecek bareng supaya tidak ada hal-hal yang memang dicurigai atau mungkin ada soal hal lain yang bisa menjadi polemik,” ungkap Richard.

Sebelumnya, Erick Thohir dalam peninjauannya ke JIS mengatakan sedang mencari solusi agar JIS bisa menjadi salah satu stadion yang dapat diusulkan kepada FIFA untuk calon venue Piala Dunia U-17 2023.

“Inilah 22 stadion kami lakukan (renovasi). Dan, alhamdulillah hari ini mudah-mudahan ada solusi supaya JIS jadi salah satu stadion yang diusulkan ke FIFA untuk Piala Dunia U-17,” ucap Erick.

“Salah satu ya. Ini yang kami lakukan dan ini yang saya rasa, mungkin polemik yang belakangan terjadi itu bukan polemik yang kami harapkan,” ucap Erick.

Terkait kedatangan perwakilan FIFA, Erick mengaku masih menunggu kabar selanjutnya.

Namun demikian, pria yang juga menjabat Menteri BUMN itu menuturkan PSSI sudah melakukan koordinasi dengan FIFA.

Diketahui Indonesia telah ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru.

Turnamen kelompok umur ini akan berlangsung mulai 10 November sampai 2 Desember mendatang.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler