Erick Thohir Gencar Membuat Terobosan demi Pemberdayaan Generasi Muda Indonesia

Jumat, 20 Januari 2023 – 18:17 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir terus mengeluarkan terobosan untuk memberdayakan generasi muda Indonesia.

Pada awal 2023, terhitung sudah terdapat tiga program pemberdayaan generasi muda Indonesia yang dikeluarkan oleh orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut.

BACA JUGA: Erick Thohir Makin Dilirik Publik jadi Cawapres

Program pertama yakni, Santri Makmur yang telah diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada acara Festival Tradisi Islam Nusantara di Banyuwangi.

Program ini adalah upaya nyata membekali para santri di sektor agrobisnis.

BACA JUGA: Erick dan Sandiaga Diisukan Jadi Cawapres Airlangga, Golkar Serahkan kepada Ketum KIB

Nantinya, para santri yang mengikuti program tersebut akan bertugas sebagai pendamping program Makmur yang mana tugasnya adalah membantu para petani untuk meningkatkan produktifitas pertanian.

“Santri yang terlatih nantinya akan berkolaborasi dengan para petani untuk meningkatkan produksi dan pendapatan agrobisnis,” tutur Erick Thohir.

BACA JUGA: PDIP Bakal Menang Banyak Bila Gandeng Erick Thohir jadi Cawapres

Program ke dua dari menteri andalan Presiden Jokowi tersebut adalah Magenta atau Magang Generasi Bertalenta (Magenta).

Program Magenta merupakan program kolaborasi antara Kementerian BUMN, BUMN, dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Visi program ini yaitu mendorong kesesuaian antara kebutuhan industri dan dunia pendidikan sehingga menciptakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di industri, termasuk BUMN.

“Program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) merupakan upaya dari kementerian untuk membuka ruang seluas-luasnya bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan pembangunan ke depan,” sambungnya.

Terakhir adalah Talenta Wirausaha BSI 2023. Program ini adalah kelanjutan dari program di 2022.

Tahun ini, tuturnya, terdapat penambahan jumlah peserta dari 5.500 menjadi 7.500 yang mana 20 persennya khusus untuk para santri di seluruh Indonesia.

Para peserta yang sudah disaring nantinya menjadi mitra dari BSI. Harapannya, para peserta mampu menjadi pengusaha yang berkontribusi untuk lingkungan dan negara Indonesia ke depannya.

"Saya harap santri-santri di pesantren yang mengikuti Talenta Wirausaha BSI 2023 ini akan lahir menjadi muslimpreneur Tangguh. Mereka nantinya menjadi penggerak ekonomi dan berkontribusi dalam membawa Indonesia menuju negara maju,” terang Erick Thohir yang juga Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler