Erick Thohir: Olympic House simbol Perdamaian, Persatuan, dan Transparansi

Senin, 24 Juni 2019 – 00:15 WIB
Erick Thohir. Foto: Inasgoc

jpnn.com, JENEWA - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir mengaku bangga bisa hadir dalam peresmian Olympic House di Lausanne, Swiss, Minggu (23/6).

"Olympic House ini menggabungkan simbol perdamaian, persatuan, dan juga transparansi. Saya percaya olahraga bisa mengharmonikan perbedaan, membangun perdamaian," kata Erick.

BACA JUGA: Erick Thohir Dampingi Jokowi Bahas Perkonomian dengan Apindo

Dia mencontohkan Asian Games yang bisa menjadi ajang pemersatu. Erick pun berharap dunia olahraga Indonesia semakin berjaya.

"Makin banyak event-event olahraga berkelas dunia dilaksanakan di Indonesia dan olahraga Indonesia terus memperkuat bangsa," imbuh Erick.

BACA JUGA: Erick Thohir: FIBA Asia Cup 2021 Langkah Awal ke FIBA World Cup 2023

Olympic House diresmikan bertepatan dengan hari Olimpiade. Berbasis di Lausanne, Olympic House akan menaungi semua staf IOC dalam satu atap.

BACA JUGA: Laporan Keuangan Asian Games 2018 Dinilai Baik

Gedung baru itu menyediakan tempat pertemuan untuk Gerakan Olimpiade global atau Global Olympic Movement.

Dengan bentuknya yang terinspirasi oleh gerakan seorang atlet, Olympic House memadukan standar tertinggi dalam desain arsitektur dengan pendekatan holistik untuk keberlanjutan.

Gedung itu mempertimbangkan lima prinsip Olimpiade, yakni gerakan, transparansi, fleksibilitas, keberlanjutan, dan kolaborasi.

Olympic House telah dirancang untuk menggabungkan empat konsep yaitu integrasi yang dituangkan dalam lanskap alam, atlet sebagai jantung yang menjado inspirasi gedung, perdamaian yang diwakili oleh panel tenaga surya di atap yang berbentuk burung merpati, dan persatuan diwakili tangga berbentuk lima cincin yang menghubungkan lantai demi lantai. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Erick Thohir: SEA Games 2019 Sasaran Antara, Fokus Olimpiade 2020


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler