Ertiga Genjot Sales Suzuki

Senin, 28 Januari 2013 – 04:04 WIB
SURABAYA - Mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) menjadi andalan para agen pemenang merek untuk menggenjot sales. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), contohnya. Melalui varian anyar Suzuki Ertiga, mereka optimistis dapat meningkatkan penjualan sampai 60 persen
     
Managing Director PT SIS Seiji Itayama mengatakan realisasi sales tahun lalu adalah 126.577 unit. Tahun ini, mereka memproyeksikan tembus 200 ribu mobil. "Ertiga menjadi tulang punggung kami," katanya di sela peluncuran Suzuki Ertiga Double Blower di Ciputra World Surabaya, Minggu (27/1).
     
Sales Director PT SIS Endro Nugroho menambahkan Ertiga tak butuh waktu lama untuk bisa menjadi produk andalan. Buktinya, baru April 2012 lalu meluncur ke pasar, produk ini sudah menyokong penjualan terbesar bagi Suzuki.
     
Misalnya di Jatim, dari total penjualan Suzuki sebanyak 10 ribu unit sepanjang 2012, kontribusi Ertiga saja mencapai 3 ribu unit. Sementara secara nasional, dari total penjualan 126.577 unit, 31 ribu di antaranya disumbang mobil berkapasitas 1.400 cc.
     
Angka itu bisa jadi lebih besar, mengingat jumlah inden mobil yang bersaing dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tersebut tahun lalu masih cukup besar. Calon pembeli terpaksa harus menunggu cukup lama untuk mendapatkan mobil idamannya, akibat terbatasnya produksi.

"Kami tak bisa memungkiri adanya kendala kapasitas produksi di tahun lalu. Saat ini, kami sudah menambah kapasitas produksi Ertiga dari awalnya 3.500-4.000 unit menjadi 7.000-7.500 unit per bulan," katanya.

Dengan peningkatan kapasitas produksi Ertiga tersebut, ia berharap tahun ini penjualan Ertiga bisa melonjak di atas 84 ribu unit. SIS sendiri menargetkan total penjualan Suzuki di tahun 2013 ini sebesar 200 ribu unit. "Artinya, calon konsumen Ertiga kini tidak lagi harus menunggu lama untuk memilikinya. Kami pun masih punya varian Ertiga baru lagu untuk genjot pasar," tuturnya.

Setelah varian yang dilengkapi double blower, SIS berencana untuk meluncurkan Ertiga transmisi otomatis. Rencananya, pada kuartal kedua varian matik Ertiga meluncur.

Dirut PT United Motor Center (UMC), diler utama Suzuki wilayah Jatim, Michael Mardanus menambahkan, peluncuran Ertiga varian double blower mampu mendongkrak permintaan tipe ini di Jatim. Ini terlihat dari jumlah calon konsumen yang telah memesan (inden) yang mencapai 1.072 unit. Saat peluncuran telah menambah 120 unit.

"Di antara calon konsumen itu, sekitar 200-300 unit sebelumnya pesan single blower dan beralih ke double. Meski inden cukup banyak, dengan peningkatan kapasitas produksi oleh pabrikan, kami juga menjamin bahwa dalam waktu dekat barang mereka sudah dikirim," ujar Michael. (dio/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... IPO Batal, PT Pos Cari Pendanaan Baru

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler