EURO 2020: 5 Bek Terbaik Sepanjang Turnamen, Simak di Sini

Rabu, 14 Juli 2021 – 11:01 WIB
Leonardo Bonucci mengankat trofi EURO 2020 (kiri) dan Pemain Terbaik (kanan). Foto: Twitter @EURO2020

jpnn.com, LONDON - EURO 2020 resmi berakhir dengan Italia sebagai juaranya usai menaklukkan Inggris pada laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB.

Meski menyajikan banyak kejutan, terbukti tim-tim yang punya pertahanan kuat adalah yang sanggup melangkah jauh di turnamen ini.

BACA JUGA: Juara EURO 2020, Segini Bonus yang Mengucur ke Kantong Pemain Italia

Finalis EURO 2020, Italia dan Inggris punya keunggulan di lini belakang. The Three Lions -julukan Timnas Inggris- hanya kebobolan dua gol sepanjang kompetisi, sedangkan Italia dengan dua bek veterannya, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, cuma kemasukan empat gol.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah kerap bermain penuh selama 90 menit karena pelatih biasanya lebih memilih mengganti striker atau gelandangnya.

BACA JUGA: Ngeri! Maguire Menggambarkan Bagaimana Ayahnya Terluka Parah Saat Menonton Final EURO 2020

Maka dari itu, pemain belakang harus punya tingkat fokus yang tinggi selama pertandingan karena satu kesalahan saja bisa membuat negaranya tersingkir dari kompetisi.

Melihat sejumlah fakta tersebut, kami telah menghimpun lima bek terbaik yang mampu tampil solid selama gelaran EURO 2020. Berikut diantaranya:

5. Kyle Walker (Inggris)

Kyle Walker menjalani EURO 2020 dengan impresif. Bek sayap Manchester City ini kerap dipasang sebagai centre back kanan dalam skema tiga bek yang sering digunakan pelatih Inggris Greth Southgate.

Pria berusia 31 tahun ini bisa dibilang salah satu pemain yang selalu tampil konsisten di Liga Inggris selama bertahun-tahun, tapi ia sering luput dari sorotan fan, pengamat pertandingan maupun media.

Kecepatan, fisik mumpuni, serta kemampuannya menggiring bola ke depan menjadikannya salah satu bek sayap modern terbaik di dunia.

Pelatih baru AS Roma Jose Mourinho bahkan memujinya dengan mengatakan:

"Pemain terbaik EURO 2020 menurut saya Kyle Walker. Ia sangat fenomenal dari hari pertama kompetisi sampai final. Dia sangat baik dalam bertahanan. Bahkan saya lupa kapan dia kalah duel dengan pemain lawan," ujar Mourinho saat diwawancarai Talksport.

4. Aymeric Laporte (Spanyol)

Sangat aneh melihat Laporte jarang menerima panggilan dari Timnas Prancis sebelum ia memutuskan membela Spanyol. Bintang Manchester City ini telah menjadi salah satu bek tengah paling mengesankan di Liga Inggris selama beberapa tahun terakhir.

Keputusan ia mengubah kewarganegaraannya menjadi Spanyol sebelum EURO 2020 terbukti tepat. Laporte selalu menjadi pilihan utama pelatih Luis Enrique dan bisa membawa Tim Matador sampai semifinal di turnamen ini.

Pemain berusia 25 tahun itu sepertinya sudah mengamankan tempat dalam skuad Timnas Spanyol yang sedang dipersiapkan menuju turnamen besar berikutnya, yakni Piala Dunia 2022 Qatar.

3. Leonardo Spinazzola (Italia)

Bek kiri AS Roma ini merupakan salah satu pemain yang tampil mengejutkan di EURO 2020. Kecepatan dan kedisiplinannya membuat lini belakang Italia kian sulit ditembus dan sangat membantu bek Giorgio Chiellini serta Leonardo Bonucci yang sudah kehilangan kecepatannya.

Spinazzola telah memenagkan dua kali gelar man of the match, yakni saat melawan Turki di partai pembuka, dan ketika mengalahkan Austria 2-1 di 16 besar.

Ia juga telah menyumbang dua assist bagi Italia sebelum mengalami cedera yang membuatnya harus mengakhiri kompetisi lebih awal.

Cedera parahnya membuat Spinazzola harus menepi selama enam bulan, tapi kehadirannya pasti sangat ditunggu Italia untuk menghadapi turnamen besar berikutnya.

2. Harry Maguire (Inggris)

Kapten Manchester United ini ibarat batu karang bagi skuad asuhan Gareth Southgate dalam mengarungi EURO 2020.

Maguire membantu Inggris mencatatkan lima clean sheet selama turnamen berlangsung. Selain performa apik kiper Jordan Pickford, peran Maguire tentu diperlukan untuk membuat rekan-rekannya lebih tenang ketika menjalani pertandingan.

Pemain berusia 28 tahun itu juga menunjukan mental yang kuat. Terbukti ia menjadi salah satu pemain Inggris yang berhasil mencetak gol saat terjadi adu penalti melawan Italia, selain Harry Kane.

Akan menarik melihat apakah performa bagus Maguire selama EURO 2020 terbawa sampai ke level klub saat membela Manchester United musim ini.

1. Leonardo Bonucci

Duetnya bersama Giorgio Chiellini menjadikannya salah satu pasangan bek tengah terbaik di dunia. Bonucci tampil luar biasa bagi Italia di EURO 2020.

Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- belum pernah kalah sepanjang turnamen ini salah satunya berkat keberadaan Bonucci dan Chiellini yang sulit ditembus pemain lawan.

Pria berusia 34 tahun ini nampaknya menua seperti anggur yang berkualitas. Meskipun menjalani musim yang buruk bersama Juventus, tapi di EURO 2020 Bonucci ibarat jimat bagi Italia.

Golnya di menit 67' ke gawang Inggris saat laga final, menghindarkan Gli Azzurri dari kekalahan.

Bahkan ia dianugerahi gelar man of the match di laga tersebut, dan sukses ketika menjadi algojo tendangan 12 pas saat terjadi adu penalti melawan The Three Lions.(mcr15/jpnnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler