EURO 2024: Southgate Sebut Inggris Bermain Lebih Modern saat Menumbangkan Belanda

Kamis, 11 Juli 2024 – 18:46 WIB
Pelatih kepala Inggris Gareth Southgate merayakan akhir pertandingan sepak bola semifinal UEFA Euro 2024 antara Belanda dan Inggris di BVB Stadion di Dortmund pada Rabu (10/7/2024). (ANTARA/AFP/Odd Andersen)

jpnn.com - JAKARTA - Tim Nasional Inggris mengalahkan Belanda 2-1 dalam laga semifinal EURO 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Rabu waktu setempat atau Kamis WIB.

Hasil ini membuat Inggris melaju ke final dan akan berhadapan dengan Spanyol yang terlebih dahulu menumbangkan Prancis dengan skor 2-1 di semifinal.

BACA JUGA: EURO 2024: FFF Pertahankan Deschamps jadi Pelatih Prancis

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengatakan timnya menampilkan permainan lebih modern saat menumbangkan Belanda. Dia mengaku senang dengan kualitas permainan Timnas Inggris di laga tersebut.

"Saya bayangkan ini akan menjadi waktu yang lama, jika pernah, tim Inggris menguasai 60 persen penguasaan bola melawan tim dari Belanda. Jadi ini menunjukkan Inggris yang lebih modern," kata Southgate.

BACA JUGA: Catatan Langka Timnas Inggris Seusai Menembus Final EURO 2024

Xavi Simons dengan tendangan briliannya membuka keunggulan untuk Belanda pada menit ke-7, sebelum disamakan Harry Kane lewat penalti pada menit ke-18.

Laga hampir dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Namun, pergantian yang dilakukan Southgate dengan memasukkan Ollie Watkins di menit-menit akhir membuat The Three Lions menyelesaikan laga cukup dengan waktu normal, setelah striker Aston Villa itu menjadi penentu kemenangan pada menit ke-90.

BACA JUGA: Final EURO 2024: Doa Raja Charles untuk Timnas Inggris, Tolong Kurangi Drama

Southgate mendapat banyak kritik setelah timnya membutuhkan gol penyeimbang di akhir pertandingan melawan Slovakia dan Swiss untuk mencapai empat besar.

Namun, dalam empat turnamen besar, Southgate kini telah memimpin timnya mencapai dua final (EURO 2020 dan EURO 2024), satu semifinal (Piala Dunia 2018), dan satu perempat final (Piala Dunia 2022).

Kini, Southgate ingin menebus kekalahan Inggris dari Italia dalam adu penalti di EURO 2022 di Wembley, Inggris, tiga tahun lalu.

“Satu-satunya alasan saya melakukan pekerjaan ini adalah untuk mencoba membawa kesuksesan bagi Inggris sebagai sebuah bangsa dan mencoba meningkatkan sepak bola Inggris,” katanya. “Untuk bisa membawa tim ke final pertama di luar negeri, saya sangat bangga akan hal itu," tambahnya.

"Akan tetapi, sekarang tentu saja kami datang ke sini untuk menang. Kami menghadapi tim yang merupakan tim terbaik di turnamen ini dan kami memiliki waktu persiapan yang lebih sedikit. Jadi, ini adalah tugas yang berat. Namun, kami masih di sini dan kami sedang bertarung," lanjutnya.

Di partai puncak, Inggris akan melawan tim yang selalu menang di EURO 2024, yaitu Spanyol, di Stadion Olimpiade Berlin pada Minggu (14/7) waktu setempat atau Senin (15/7) pukul 02.00 WIB. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler