Eva NasDem Sebut Kapolri Mulai Tepati Janji, Polwan Diberi Ruang Bersaing

Rabu, 22 Juni 2022 – 01:35 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dianggap mulai menepati janjinya dengan memberikan promosi kepada sejumlah polwan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana menilai Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mulai menepati sebagian janjinya yang mengangkat sejumlah polwan ke posisi strategis di Korps Bhayangkara. Dia mendorong Sigit untuk mengembangkan karier polwan.

"Ini sebetulnya adalah bagian dari komitmen Pak Kapolri ketika fit and proper test,” kata dia saat dihubungi, Selasa (21/6).

BACA JUGA: Wahai Pak Kapolri, Komnas Perempuan Harap Ada Polwan Jadi Kapolda

Politikus Partai NasDem itu mengingatkan misi Sigit yang ingin mendorong polwan bersaing dengan polisi laki-laki. Saat itu, jelas Eva, Sigit mengaku membuka ruang bagi polwan yang cakap, berintegritas, dan kompeten di bidangnya.

“Beliau menyampaikan ketika nanti beliau Kapolri, yang akan dilakukan beliau salah satunya adalah bagaimana mendorong para polwan ini untuk bisa mengembangkan kariernya secara adil, bukan kemudian semata-mata para polwan didorong untuk bisa naik pangkat dan jabatan," jelas dia.

BACA JUGA: Kombes Nurul Azizah Ditunjuk Sebagai Kabagpenum, Polwan Pertama yang Jadi Jubir Polri

Menurut Eva, apabila polwan teruji profesionalitasnya, maka berhak mendapatkan jabatan yang tepat.

Eva menyampaikan selama ini polwan terkesan hanya sebagai pelengkap atau ‘pemanis’. Namun, dengan banyaknya polwan yang kini dipercaya menduduki jabatan stratgeis di kepolisian, lanjut Eva, terlihat adanya gerakan perubahan yang dilakukan Sigit.

BACA JUGA: Lihat Aksi Mulia Polwan Mengajarkan Mace dan Anak-Anak Baca Tulis di Papua

“Pada periode awal Pak Sigit menjabat, kami melihat ada wakapolda dari polwan (Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Ida Oetari),” terang Eva.

Di samping peningkatan peran polwan di Polri, Eva juga mengatakan saat ini Polri tengah melakukan proses pembentukan satuan yang fokus dengan permasalahan hukum perempuan dan anak.

Dia mengatakan Bareskrim akan memiliki Direktorat Tindak Pidana Kekerasan Perempuan dan Anak.

“Pada rapat kerja yang lalu, disampaikan Pak Kapolri bahwa proses untuk penangahan tindak pidana kekerasan ada perempuan dan anak ini bukan lagi dalam tingkat unit kalau ditingkat polres,” ungkap Eva. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wanita Ini Mengaku Polwan dan Bisa Mengurus Kasus, Mbak Aminah Jadi Korban


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
eva   Kapolri   Polwan   DPR   NasDem  

Terpopuler