Evaluasi APBD DKI, Kemendgari Fokus Pada Dana Bantuan untuk Daerah Mitra

Rabu, 30 Desember 2015 – 04:07 WIB
Ilustrasi APBD DKI/ dok JPNN

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota, Jakarta, Selasa (29/12). Dalam pertemuan itu, keduanya membahas mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI 2016.
 
Tjahjo menyatakan, APBD DKI kali ini mengalami kemajuan dibanndingkan dengan tahun sebelumnya. Ia pun optimistis APBD yang dikirim Pemerintah Provinsi DKI ke Kemendagri akan selesai dievaluasi pada 31 Desember 2015.
 
“31 Desember saya kira sudah bisa selesai,” kata Tjahjo di Balai Kota, Jakarta, Selasa (29/12).
 
Dalam melakukan evaluasi terhadap APBD DKI 2016, Kemendagri akan fokus terhadap beberapa hal yang dinilai sebagai skala prioritas. Misalnya saja kemacetan, banjir, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur di daerah pinggiran.
 
“Kami ingin lebih fokus juga ingin menyisihkan dana untuk membangun konektivitas dengan Tangerang, Bekasi, menyangkut sampah dan sebagainya,” ucap politikus PDIP ini.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kemendagri terkait APBD DKI. Ahok, sapaan Basuki, mengatakan, tidak keberatan dengan permintaan Kemendagri terkait bantuan ke daerah mitra.
 
“Diutamakan untuk mitra. Jadi Mendagri bisa menyarankan kami untuk enggak usah pakai duit untuk ini, dilarikan ke mana,” ujar Ahok.
 
Sementara Djarot menyatakan, DKI mendapat pujian karena sudah menyelesaikan APBD di akhir tahun. Sebab, tahun-tahun sebelumnya, APBD DKI biasanya baru dikirimkan ke Kemendagri sekitar bulan Februari, Maret, atau April.
 
Djarot mengatakan, Kemendagri akan melakukan evaluasi terhadap APBD DKI. Saat evaluasi, Kemendagri memberikan rekomendasi. “Ada penyesuaian-penyesuaian anggaran. Pada 31 Desember, evaluasi Kemendagri kami harapkan sudah selesai,” ungkapnya. (gil/jpnn)

BACA JUGA: Nah Lho... Terminal Blok M Sepi Metromini dan Kopaja

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polda Sebar Personel ke Kampung-kampung, ngapain?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler