Evolusi pada Industri Kesehatan, Rumah Sakit Bak Hotel di Malaysia

Selasa, 06 Agustus 2024 – 18:16 WIB
Ruang Inap VIP Anak Damansara Specialist Hospital 2 (DSH2) di Kuala Lumpur, Malaysia. Foto: Romaida/jpnn.com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Malaysia, KPJ Healthcare melakukan evolusi di industri kesehatan.

KPJ Healthcare menggabungkan konsep hospital dan hotel  pada salah satu rumah sakit besutannya, Damansara Specialist Hospital 2 (DSH2) yang terletak di kawasan Bukit Lanjan, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur.

BACA JUGA: Fairuz A Rafiq Ungkap Kondisi Sonny Septian yang Dirawat di Rumah Sakit

Head of Business Development and Marketing Communications, Adenin Hashim menjelaskan pihaknya sengaja mendesain DSH2 menjadi seperti hotel.

DSH2 mengaplikasikan desain ala hotel mulai dari lobi, penggunaan wewangian ruangan menenangkan hingga tata ruang yang epik.

BACA JUGA: Mobil Listrik Mercedes-Benz Meledak, 21 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Menurut Adenin, fungsi rumah sakit kini bukan lagi hanya tempat untuk pengobatan, tetapi ruang untuk penyembuhan alias healing.

"Jadi, kalau di KPJ itu ya. Menurut kami, punya aspirasi itu adalah membawa healing. Healing environment," kata Adenin saat ditemui di kantornya, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (6/8).

BACA JUGA: 3 Rumah Sakit Klaim Fiktif BPJS Kesehatan Miliaran Rupiah, KPK Turun Tangan, Nah Loh

Adenin menilai inovasi bisnis di bidang kesehatan sangat penting untuk meningkatkan pengalaman yang nyaman bagi para pasien.

Menurut Adenin, pasien cenderung memiliki kekhawatiran berlebih karena kondisi kesehatan yang kurang baik ketika datang ke rumah sakit.

Kehadiran tata ruang rumah sakit dengan desain hotel diharapkan dapat membantu mengurangi kecemasan tersebut.

"Dari datang mungkin khawatir, rungsing dan sebagainya, tetapi selesai masuk di lobi rumah sakit KPJ ini, terus rasanya aman. Itu sudah satu," tuturnya.

"Five sense pasien semua aktif saat datang. Melihat ada aquarium, kemudian mencium aroma menyenangkan, tenang," katanya menambahkan.

Selain desain yang mumpuni, Adenin menekankan pentingnya penyediaan fasilitas kesehatan yang lengkap dan modern.

Misalnya, menyediakan layanan kesehatan berteknologi robotik dengan banyak keunggulan serta para ahli kesehatan yang tersertifikasi kemampuannya.

"Sebaiknya kalau teknologi itu memberi perawatan yang lebih cepat, kesembuhannya lebih pantas, ya, recovery yang faster. So, ini yang akan membantu patient lebih cepat recovery, ya," katanya menjelaskan.

"Jadi, pasien pun datang aman, pulang pun dengan aman, ya. So, itu yang harus," imbuh Adenin. 

Rumah sakit quaternary DSH2 melayani beragam perawatan kesehatan dan penginapan dengan berbagai kelas.

Adapun 5 top perawatan terbaik yang ditangani DSH2, di antaranya terkait jantung dan paru-paru, ortopedi, saraf & strok, pembedahan serta pencegahan kelahiran prematur. (mcr31/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ria Ricis Ungkap Kondisi Setelah Dilarikan ke Rumah Sakit


Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Romaida Uswatun Hasanah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler